Wisuda 841 Mahasiswa UPS, Para Lulusan Dituntut Memiliki Pemahaman Dan Penguatan Literasi Digital

Wisuda 841 Mahasiswa UPS, Para Lulusan Dituntut Memiliki Pemahaman Dan Penguatan Literasi Digital Dok Humas Ket.foto:( Rektor UPS Dr. Taufiqulloh, MHum saat menyampaikan sambutannya didepan ratusan wisudawan UPS)

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Universitas Pancasakti (UPS) Melaksanakan sidang senat terbuka dalam rangka wisuda magister, sarjana dan Diploma tiga periode genap Tahun Ajaran 2021/2022 bertempat di Auditorium Darijoen Seno Atmodjo, Sabtu (24/9/2022).

Giat prosesi wisuda sendiri dilaksanakan dua hari Sabtu dan Minggu (24-25/9/2022). Pada Sabtu sebanyak 426 wisudawan dan besok Minggu sebanyak 415 wisudawan.

Rektor UPS Dr. Taufiqulloh, MHum mengatakan, Di era kemajuan teknologi saat ini, komunikasi dan informasi dapat tersampaikan secara 

cepat dan mudah. Pemanfaatan teknologi yang baik nyatanya mampu membantu perkembangan bidang-bidang penting dalam kehidupan masyarakat. Pandemi Covid-19 telah 

memberikan hikmah salah satunya adalah percepatan penggunaan teknologi digital, khususnya di dunia pendidikan. 

Dosen dan mahasiswa menjadi terbiasa menggunakan fasilitas digital untuk mentransformasi data dan informasi yang perlu diakses. Penguasaan literasi digital dalam Konteks pembelajaran juga dapat mengefisienkan, memudahkan, dan menguatkan proses dan hasil pendidikan.

Makna kata ‘literasi’ sendiri saat ini tidak hanya terbatas sebagai kemampuan manusia 

dalam membaca dan menulis, namun juga harus dipahami sebagai kemampuan untuk 

memahami dan menggunakan informasi yang didapatkan dari berbagai sumber. Sementara 

literasi digital sering kita anggap sebagai kecakapan menggunakan internet dan media digital. 

Padahal literasi digital adalah sebuah konsep dan praktik yang bukan sekadar menitikberatkan pada kecakapan untuk menguasai teknologi. Lebih dari itu, literasi digital menekankan pada kecakapan pengguna media digital dalam melakukan proses mediasi media digital yang dilakukan secara produktif.

Saat ini, tidak hanya dosen dan mahasiswa, namun para lulusan perguruan tinggi dituntut 

untuk memiliki pemahaman dan penguatan literasi digital. Dosen, mahasiswa dan para lulusan dituntut untuk menumbuhkan 4 area kompetensi literasi digital, yakni menumbuhkan digital skill, digital ethic, digital cultural, dan digital safety. 

Sejalan dengan visi Universitas Pancasakti Tegal yakni “MENJADI UNIVERSITAS UNGGUL DI BIDANG LITERASI YANG BERWAWASAN GLOBAL PADA TAHUN 2028”, tema wisuda pada hari ini yakni “Penguatan Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal Yang Berdaya Saing Global”. 

Lebih lanjut dikatakan Rektor, dengan penuh kebanggaan pada wisuda kali ini mempersembahkan sejumlah 841 lulusan Universitas Pancasakti Tegal yang terdiri dari 17 program studi tingkat sarjana dan 3 program studi jenjang magister, dan 1 program studi jenjang Diploma 3, yaitu: 265 lulusan 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 128 lulusan Fakultas Hukum, 62 lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 225 lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 14 lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, 98 lulusan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer dan 49 lulusan Program Magister.

" Kepada orangtua dan wali wisudawan, kami ucapkan terimakasih atas kepercayaannya menitipkan putra putrinya di perguruan tinggi UPS," Ucap Rektor.

Sementara itu, sambutan Ketua YPP Dr. H. Imawan Sugiharto, SH.MH menyampaikan acara wisuda kali ini sangat berbeda dari sebelumnya. Dirinyapun mengucap terimakasih kepada ketua panitia yang sudah mengemas acara menjadi "keren".

 Dikatakan Ketua YPP, pihknya mengucapkan selamat dan sukses kepada wisudawan. Dirinyapun meminta kepada lulusannya untuk selalu menjunjung tinggi almamater.

Lebih lanjut dikatakannya, Untuk menghadapi persaingan yang sangat kompetitif bagi segenap mahasiswa, alumni dan dosen, maka kami Yayasan Pendidikan Pancasakti terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada Univeristas Pancasakti Tegal termasuk dosen dan mahsiswanya melalui peningkatan pengelolaan SDM, keuangan, maupun penyediaan sarana-prasarana yang memadai. Hal tersebut sesuai dengan Visi Yayasan Pendidikan Pancasakti, yakni : “Menjadi Badan Pengelola pendidikan dan pengembangan yang kuat, bermartabat, dan berwawasan global pada tahun 2037”. 

Untuk itu Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) terus melakukan pembenahan, pembangunan dan pengembangan sarana-prasarana kampus untuk memfasilitasi kegiatan pendidikan yang berkualitas. Untuk pembangunan Kampus II di Jl Perintis Kemerdekaan Kota Tegal, insyaa Alloh pada bulan Maret 2023 gedung 3 lantai dari 5 lantai yang direncanakan dengan luas 2000 m2 di lahan 2 hektar lebih akan segera terselesaikan dan dapat dimanfaatkan Universitas dengan sebaik-baiknya.  

Demikian juga Masjid Kampus yang cukup megah di Jl Halmahera, diharapkan dapat segera diselesaikan pembangunannya sehingga segera digunakan sebagai tempat ibadah yang memadai bagi segenap keluarga Universitas Pancsasakti Tegal dan masyarakat sekitar. Saran-prasarana lain, ruang-ruang kelas khususnya di FKIP dan FISIP, serta sarana toilet di FTIK yang dibutuhkan mahasiswa juga telah terbenahi dengan baik. Untuk selanjutnya sarana-prasarana lain akan terus dibenahi secara pertahap sesuai dengan prioritas kebutuhan dan pendanaan. Di bidang non fisik, Yayasan Pendidikan Pancasakti telah dan masih terus menyempurnakan berbagai Peraturan Yayasan sebagai pedoman yang terkait dengan pengelolaan SDM, program kegiatan maupun aset Lembaga. Selain itu upaya pendirian program-studi baru yang memiliki peluang pasar tinggi juga dilakukan. Pada saat ini Yayasan Pendidikan Pancasakti bersama Universitas Pancasakti Tegal masih terus mengupayakan pendirian Program Studi S1 Ilmu Kedokteran. Upaya tersebut membutuhkan usaha keras dan doa yang kuat. Untuk itu Yayasan memohon doa kepada segenap keluarga besar Universitas Pancasakti Tegal termasuk para Mahasiswa Baru agar Alloh mudahkan upaya tersebut sehingga Universitas Pancasakti Tegal dapat lebih mengembangkan pelayanan pendidikannya bagi masyarakat, nusa dan bangsa.  

Sementara Kesan pesan dari wisudawan Hanif Asyfilla Putra menyampaikan, terimakasih wisuda berjalan tepat waktu. Dirinyapun mengucap banyak terimakasih kepada orangtua, sahabat yang selalu mensuport.

" Hari ini adalah hari penyemangat bagi kita. Tentunya hari ini kita semua berbahagia, ini bukanlah akhir dari perjuangan," kata Hanif.

Hadir, Ketua dan Senat UPS, Rektor UPS, Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP), mitra UPS, Forkopimda, Koordinator Kopertis LLDikti Wilayah VI Jateng, Ratusan wisudawan dan orang tua wisudawan.(hid/spn).

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar