Mahasiswa KKN UPS Ikut Serta Dalam Perayaan Nyalembeng Ambeng Festival

Mahasiswa KKN UPS Ikut Serta Dalam Perayaan Nyalembeng Ambeng Festival Dok

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Kegiatan perayaan Nyalembeng Ambeng Festival yang diadakan di Desa Nyalembeng, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang terlaksana pada Selasa 23 Agustus 2022. 

Mahasiswa KKN UPS ikut berkontribusi dalam kegiatan tersebut sebagai panitia dan ikut serta menampilkan sebuah teater yang menceritakan asal usul Desa Nyalembeng.

“Kedatangan Mahasiswa KKN UPS sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan perayaan Nyalembeng Ambeng Festival, apabila tidak ada Mahasiswa KKN UPS mungkin teater ini tidak terlaksana” ujarnya Agus Prasetya selaku Sekretariat Desa Nyalembeng. 

Perayaan Nyalembeng Ambeng Festival ini merupakan kegiatan kebudayaan yang rutin diakan setiap tahunnya. Dalam kegiatan Nyalembeng Ambeng Festival menampilkan beberapa acara meliputi Pentas Seni oleh warga Desa Nyalembeng, Karnaval Ogoh-ogoh dan Ambeng, Penampilan Kesenian dan Kebudayaan, Teater, dan Hiburan Malam. 

Penampilan teater yang ada di Nyalembeng Ambeng Festival merupakan kegiatan pertama kali yang diadakan oleh Desa Nyalembeng. Teater ini merupakan sebuah karya yang menceritakan asal usul Desa Nyalembeng. Dalam pelaksanaan teater ini, Tim KKN UPS ikut berkontribusi dengan menampilkan sebuah tarian persembahan. Tarian ini menceritakan sejarah asal usul Desa Nyalembeng.

Desa Nyalembeng berasal dari kata “Nyai, Lembeng, dan Ambeng”. Nyai mempunyai makna seorang wanita, Lembeng bermakna wadah, dan Ambeng bermakna Tumpeng.

Konon cerita di Desa Nyalembeng dahulu ada seorang tabib wanita yang bernama Lim Boeng berasal dari negeri China yang bersinggah di suatu tempat dan wanita tersebut menemukan suatu telaga atau genangan air. Pada saat itu daerah tersebut sedang terjadi wabah penyakit yang menyerang penduduk sekitar.

Penemuan genangan air tersebut ternyata bermanfaat bagi penduduk di daerah tersebut karena air itu mampu untuk menyembuhkan wabah penyakit. Berawal dari penyembuhan wabah penyakit, wanita tersebut dijuluki Nyai oleh penduduk di daerah tersebut. Sebaga i wujud rasa syukur penduduk tersebut membuat tumpeng atau yang biasa di sebut “Ambeng”.

Program KKN Tematik Desa Nyalembeng Universitas Pancasakti Tegal ini terdiri dari 10 anggota yaitu: Ardian Firmansyah, Candra Reza Kurniawan, Calista Qotrunada Azzahra, Dwi Ayu Safitri, Khaerul Anam, Khusairi, Nila Ifroh Silvia, Risman Maulana, Wike Denisaputri, dan Rohimatus Zahroh.(hid/adv).

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar