Bentangkan Layar Merdeka Belajar, Guru Alami Kebiasaan Baru

Bentangkan Layar Merdeka Belajar, Guru Alami Kebiasaan Baru Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menyebutkan tiga tahun yang lalu sudah dilepas jangkar dan membentangkan layar kapal besar bernama Merdeka Belajar. Ribuan pulau dari Sabang hingga Merauke sudah dilewati, ada juga menerjang ombak yang tinggi dengan angin kencang. Para guru begitu tangguh karena didorong oleh kemauan untuk berubah, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman.

Bupati menyampaikan hal itu, saat membacakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim saat upacara peringatan Hari Guru dan Hari PGRI di halaman Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) jalan Proklamasi 77 Brebes, Belum lama ini.

Semangat untuk kita untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa kepada lompatan masa depan.

“Mungkin diantara kita sampai hari ini masih ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan. Memang, pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman. Jika masih nyaman, itu artinya kita tidak berubah,” katanya.

Ia menerangkan, sebenarnya bukan hanya guru yang terus didorong untuk berubah. Di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga memacu diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja kami dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik.

“Platform Merdeka Mengajar yang kami luncurkan pada awal tahun ini, sepenuhnya kami rancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi. Platform tersebut kami buat berdasarkan kebutuhan yang ada di lapangan, bukan berdasarkan keinginan kami. Ini adalah perubahan besar cara kerja pemerintahan dalam melayani masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan di Kabupaten Brebes, lanjut Idza, mengatakan di Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 77 para Guru di Brebes mendapatkan kado istimewa berupa dikukuhkannya 140 guru menjadi Kepala Sekolah Dasar (SD).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Dindikpora) Kabupaten Brebes Caridah MPd menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Brebes telah mengisi kekosongan 140 kepala sekolah SD. Termasuk membuka peluang pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1285 orang.(hid/sup).

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar