MAN 1 Kota Sukabumi Menorehkan Berbagai Prestasi di HAB Kemenag Ke-77

MAN 1 Kota Sukabumi Menorehkan Berbagai Prestasi di HAB Kemenag Ke-77 Dok Puspen TNI

SINARPAGINEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-77 yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia menjadi momentum penting Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat.

HAB tingkat Kota Sukabumi diisi dengan berbagai perlombaan, seperti Voli, Bulutangkis, Karya Ilmiah, Fashion Show, Fultsal dan lain-lain-lain (3/1), berlokasi di Lapang Merdeka Kota Sukabumi. 

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi tidak ketinggalan turut serta memeriahkan HAB dengan mengikuti berbagai perlombaan.  Terbukti kualitas MAN 1 Kota Sukabumi meraih berbagai juara, seperti Juara 1 Voli Putra, Juara 2 bulutangkis Putri, Juara 2 Karya Ilmiah, Juara 2 Tumpeng, Juara 2 Fashion Show, Juara 3 Bulutangkis Putra, dan Juara 3 Futsal.

Viqhi Aswie, M.T. salah satu guru sebagai pemenang  lomba karya tulis ilmiah menuturkan kepada Sinarpaginews, “Alhamdulillah, saya merasa bersyukur dapat memperoleh juara 2 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam rangka HAB Kemenag ini. Tentunya kejuaraan ini saya peroleh dengan dukungan penuh dari segala pihak di Madrasah.

Dalam Lomba KTI ini saya mengusung ide gagasan yaitu : “menginternalisasi nilai-nilai kearifan lokal Sunda dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah melalui Gerakan Literasi”. Semoga gagasan saya ini dapat diterima baik oleh segala pihak dan dapat diimplementasikan di segala madrasah,” katanya.

Di tempat yang sama, Dasep Hanan Mubarok selaku Waka Humas menambahkan, “Alhamdulilah, tumpeng MAN 1 Kota Sukabumi juara 2 yang dipandu oleh Kaur TU Nurhidayah,SEI, Ibu Sofi dan Ambu Novita Depi.

Lomba tumpeng menjadi salah satu lomba paling favorit dan menyedot perhatian masing-masing satker di lingkungan Kemenag Kota Sukabumi, karena setiap satker yang ditunjuk wajib mengikutinya dan tumpeng tersebut dibawa ke juri yang sudah hadir, bersiap diri sejak pagi hari di ruang VIP Lapangan Merdeka Kota Sukabumi“.  Tumpeng yang telah diletakkan di meja ruang VIP dinilai langsung oleh dewan juri dengan cepat, karena tumpeng tersebut akan dinikmati oleh peserta yang mengikuti upacara dalam HAB Kemenag RI,” jelasnya.

Sementara itu menurut penuturan dari Drs. Badru Tamam, M.Pd selaku Kepala Madrasah mengucapkan terima kasih kepada seluruh duta madrasah dalam lomba HAB Kemenag ke 77 tingkat Kota Sukabumi atas dedikasi dan prestasinya untuk MAN 1 Kota Sukabumi. "Terima kasih saya sampaikan  kepada Bapak, Ibu guru yang memperoleh Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya juga raihan tim Bola voli, tim Bulu tangkis puteri, Karya ilmiah, tim tumpeng, fashion show, Tim futsal dan bulu tangkis putera".

Guru MAN 1 Kota Sukabumi yang mendapat Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Karyasatya dari Presiden RI adalah : Ijam Sulaeman, S.Pd (30 tahun), Ade Lina Herliani, S.Pd, M.Si (20 tahun), Radi Kurniadi, S.Pd (10 Tahun), Nia Nihayah, S.Pd.I (10 Tahun), Reni Rahmawati, S.Pd (10 Tahun), Ai Hamidah S.Pd.I (10 Tahun) dan Novita Depi, S.Pd (10 Tahun),” pungkas Badru.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi, Samsul Puad, dalam keterangannya menjelaskan bahwa Hari Amal Bakti ke – 77 mengangkat tema Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat yang sejalan dengan tujuh program prioritas Kementerian Agama seperti penguatan moderasi beragama, tahun toleransi beragama dan transformasi digital. Oleh karenanya dalam peringatan kali ini, baik peserta maupun tamu undangan menggunakan baju adat dari berbagai wilayah di Indonesia sebagai simbol kerukunan.

Sedangkan Walikota, Achmad Fahmi, yang juga bertindak sebagai pemimpin upacara, mengharapkan bahwa sesuai pesan Menteri Agama, kerukunan umat beragama dapat tercipta dan ASN Kementerian Agama dapat menjaga kondusifitas terutama ditahun politik seperti sekarang ini.

Dalam upacara tersebut diserahkan pula berbagai penghargaan diantaranya untuk ASN Kementerian Agama yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun serta para juara dalam ajang Pekan Olahraga Pondok Pesantren serta Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar