Tingkatkan Literasi, HMPS PPKN Gandeng Pemuda Kembangkan Saung Literasi AL Hidayah

Tingkatkan Literasi, HMPS PPKN Gandeng Pemuda Kembangkan Saung Literasi AL Hidayah Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL- Membaca adalah salah satu kegiatan yang mampu meningkatkan dan menambah pengetahuan manusia. Dengan membaca, buku khususnya, kita bisa mengetahui banyak hal yang sebelumnya tidak diketahui. Berbagai informasi dari pelosok negeri dan manca negara bisa kita akses lewat buku bacaan.

Namun, minimnya fasilitas bacaan, terutama bagi masyarakat di daerah, membuat kegiatan positif ini sulit terlaksana. Masyarakat lebih memilih bercengkrama bersama gawai dengan berbagai fasilitas teknologi yang semakin canggih. Butuh perjuangan keras untuk menumbuhkan minat baca masyarakat di tengah derasnya informasi dan kecanggihan teknologi saat ini.

Di beberapa daerah memang terdapat perpusatakaan atau taman baca untuk masyarakat. Namun, kondisi yang memprihatinkan membuat sebagian saung baca tidak layak untuk dijadikan tempat kegiatan membaca buku. Perawatan yang kurang membuat saung baca tidak layak digunakan.

Hal ini yang membuat kawan kawan mahasiswa Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PPKn Universitas Pancasakti (UPS) Tegal bergerak hatinya untuk mengembangkan Saung Literasi Al Hidayah di desa sida purna kecamatan dukuh turi Kab Tegal bersama warga masyarakat desa. 

Ketua HMPS Dhani AL Aziz menyampaikan ” Kami dari HMPS PPKn mengembangkan serta melakukan kerja sama dengan masyarakay Sidapuran kecamatan Dukuhturi kabupaten Tegal untuk mengembangkan Sawung baca Al-hidayah yang bertempat di desa Sidapuran kecamatan Dukuhturi kabupaten Tegal, Sabtu (21/1/2023).

Dalam kerja sama tersebut kami di dari HMPS yang pertama melakukan Diskusi dengan tema diskusi literasi terhadap pergerakan mahasiswa di abad 21 dan yang kedua yaitu penelitian pengabdian terhadap kebangsaan, masyarakat, dan pendidikan. 

Dan nantinya kerja sama tersebut bisa berlanjut untuk kedepannya untuk HMPS PPKn untuk membuat program kerja yang lebih dari hari ini, misalkan saja kita bisa membuka kelas bimbel atau jam belajar bersama dengan anak-anak yang ada di sekitar saung baca al-hidayah. Sehingga kita bisa mengimplementasikan tris darma Perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Herdiana dan warga Desa Buaran Mangga turut merasakan manfaat dibangunnya saung baca tersebut. Mereka berharap, keberadaan saung baca bisa memancing minat baca masyarakat. Sehingga, masyarakat tidak lagi buta informasi dan bisa mengetahui banyak hal yang terjadi selama ini. Informasi yang didapatkan masyarakat tidak hanya didapatkan lewat teknologi seperti televisi dan internet, tetapi juga lewat bacaan seperti buku atau surat kabar.

Pembina HMPS PPKn Fitriyanto M.Pd mengatakan, Dibangunnya rumah atau saung baca di sejumlah daerah bisa jadi pilihan untuk mengalihkan hobi anak yang kecanduan teknologi, menjadi hobi membaca buku. Pada awalnya memang sulit membiasakan anak membaca. Tetapi, hal ini bisa dibiasakan sejak dini sehingga, anak bisa akrab dengan buku dan mulai mencintai bacaan untuk menambah informasi.(hid/fit)

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar