Lakukan Pengabdian International,

FKIP UPS & Moscow City University Samara Russia Beri Education & Culture Pada 509 Santri

FKIP UPS &  Moscow City University Samara Russia Beri Education & Culture Pada 509 Santri Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Dalam Upaya Internasionalisasi campus, Mendorong perguruan tinggi semakin tingkatkan kualitas

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal berkolaborasi dengan Moscow City University samara Rusia, melakukan pengabdian masyarakat Internasional di Pondok Pesantren Darul Mujahadah Margasari Tegal, Sabtu (28/1/2023).

Kegiatan ini bertema Optimising International Collaboration And Partnership In Secondary Education digelar diaula Pertemuan pondok pesantren mujahadah margasari tegal dan diikuti sebanyak 509 santri.

Kegiatan di isi pemateri handal dalam bidangnya luar dan dalam negeri, Dr Yoga Prihatin M.Pd (Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) & Muhamad Eko Hadi Kuncoro S.Fil.I (Pengasuh Pondok Pensantren Darul Mujahadah Tegal), Prof.Dr. Elchin Ghasimov (Wakil President Moscow City University), Denis Ghasimov (Mahasiswa international S1 regular informatika UPS).

 Kedatangan para narasumber di sambut gembira, hangat dan antusias oleh Pimpinan dan pengasuh Pondok pesantren, para ustadz/ustadzh serta par santri dan santriwati pondok pesantren Al mujahadah.

Pembahasan pengabdian masyarakat dan seminar internasional kali ini terkait pendidikan, kebudayaan khususnya di Lingkungan pondok pesantren dan pendidikan umum di Indonesia dan rusia. Selanjutnya para narasumber memperkenalkan Bahasa inggris dan bahasa Rusia di pondok pesantren dengan pembelajaran. Para santri diajak berkomunikasi berinteraksi langsung dengan pemateri dengan menggunakan bahasa inggris.

Setelah materi dan motivasi disampaikan, beliau mempersilahkan peserta untuk bertanya, terkait pendidikan, kebudayaan indonesia ataupun Rusia. Antusiasme peserta sangat tinggi, hal itu dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan. Santri, santriwati, ustadz, ustadzah bergantian menyampaikan pertanyaan kepada narasumber Prof.Dr. Elchin Ghasimov & Denis Ghasimov.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPS Dr Yoga Prihatin M. Pd menyampaikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan akan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusianya dengan program internasionalisasi fakultas melalui program student mobilty, joint publication dan research, pengabdian masyarakat dan staf exchange.

Pimpinan Pondok Pesantren darul mujahadah margasari tegal ( Muhamad Eko Hadi Kuncoro S.Fil.I) yang juga Mahasiswa Magister Pedagogi Pascasarjan UPS megucapkana banyak banyak terima kasih kepada FKIP UPS karena telah membuat dan memandu acara semenarik ini serta mau menghadirkan narasumber dari luar. Dengan begitu para santri dan santriwati akan termotivasi menambah semangat belajar, membuka wawasan baru, membuka dunia baru kususnya dunia internasional.(hid/fit)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar