Perkuat Digitaliasi Kampus, UPS Gandeng BPTIK Dikbud Provinsi Jateng

Perkuat Digitaliasi Kampus, UPS Gandeng BPTIK Dikbud Provinsi Jateng Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG - Rektor Universitas Pancasakti Tegal (UPS) menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama (MoU) dengan Kepala Balai Pengembangan Teknologi, Informasi dan Teknologi (BPTIK) di Aula BPTIK Dikbud Provinsi Jawa Tengah, Kamis (2/3/2023).

Rektor UPS Dr. Taufiqulloh, M.Hum dalam sambutanya menyampaikan bahwa Rektor UPS mempunya 3 program utama yaitu penguatan literasi sistematis dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, internasionalisasi, dan digitalisasi. Berdasarkan 3 pilar program rektor tersebut, UPS selalu berusaha membuat trobosan-trobosan dan inovasi baru guna menjadikan UPS semakin berkembang dan maju, salah satunya bekerjasama dengan BPTIK Dikbud Provinsi Jawa Tengah.

 "Kerjasama ini diharapkan tidak hanya sekedar penandatanganan MoU antara UPS dan BPTIK Dikbud Prov Jateng saja, tetapi diwujudkan serta diimplementasikan dalam program-program seperti Pengajaran, Penelitian, Pengabdian, pelaksanaan MBKM, magang mahasiswa, praktisi mengajar, dan pengembangan konten pembelajaran digital" ungkapnya.

Kepala BPTIK Dikbud Provinsi Jawa Tengah Dr. Siswanto, M.Pd menyampaikan bahwa BPTIK merupakan tempat Pengembangan dan Pemberdayaan TIK Produk TIK untuk Pembelajaran disemua Jenjang Pendidikan. Banyak program-program menarik yang dapat digunakan masayarakat sebagai bentuk layanan pendidikan khususnya Provinsi Jawa Tengah mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK serta pendidikan umum.

 BPTIK mempunyai program pengembangan prototipe media pembelajaran seperti fasilitas Virtual Reality dan Augmented Reality dalam pembelajaran, Edugame, Studio rekaman video dan audio, Teropong bintang dan wahana jelajah angkasa, ruang smart edu, fasilitas pendidikan online melalui portal jateng Pintar, radio streaming Pendidikan dan kebudayaan serta memfasilitasi para pendidik dan calon pendidik melalui bimbingan teknis pendayagunaan teknologi, informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. 

 

"BPTIK siap berkolaborasi dan bersinergi dengan UPS, dalam menyuport penyelenggaran pendidikan dan layanan pendidikan khususnya untuk masyarakat Jawa Tengah, Nasional dan International" ungkapnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatangan MoU antara Rektor UPS dan Kepala BPTIK Dikbud Prov Jateng, serta Penandatanganan MoA antara Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Yoga Prihatin, M.Pd dengan Kepala BPTIK Dikbud Prov Jateng. 

"Harapannya FKIP dapat bekerjasama dengan BPTIK baik dalam peningkatan kompetensi yang dimiliki mahasiswa calon guru agar dapat mengembangkan kemampuan TIK dalam proses Pembelajaran melalui program magang, praktisi mengajar, pelatihan atau bimbingan teknis penyelenggaran pendidikan" ungkap Dekan FKIP. 

Kerjasama ini juga fasilitasi oleh UPT Kerja Sama dan Urusan International (KUI) yang dipimpin oleh Ihda Rosdiana, M.Hum

Hadir pula dari UPS Wakil Dekan III FKIP Khusnul Khotimah, M.Pd; dan Kepala UPT Humas dan Promosi (Humpro) Fahmi Fatkhomi, M.Pd. Adapun dari BPTIK juga hadir Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Drs. Kiaamina Sulistyabudi; Sub Koordinator Seksi Pemberdayaan TIK, Donny Setyawan, SE, MM; Sub Koordinator Seksi Pengembangan TIK, Agung Handoko, SS, M.Si; serta Staf BPTIK Dikbud Provinsi Jawa Tengah. (Hid/fah)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar