Ikut Pancasakti Science Competition, SD Mutu Tegal Raih Juara 3

Ikut Pancasakti Science Competition, SD Mutu Tegal Raih Juara 3 Dok Humas Ket.foto:( foto bersama kepala sekolah dengan 3 siswa kelas VI yang mengikuti kompetisi)

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Kota Tegal mengikuti Pancasakti Science Competition dalam Rangka Pekan Ilmiah Sains V yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi IPA Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Sabtu (4/3/2023). 

Pancasakti Science Competition Tingkat SD diikuti oleh beberapa sekolah se-karesidenan Pekalongan termasuk SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal. 

SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal mengirimkan satu kelompok yang terdiri dari Ananda Fany, Ananda Rizqi dan Ananda Tomi yang semuanya berasal dari kelas VI.

 

 Kegiatan ini terdiri atas 2 babak yakni babak penyisihan dan grand final. 

"Alhamdulillah, dengan waktu belajar yang singkat karena harus dibagi-bagi dengan tambahan pelajaran dan kegiatan lainnya, anak-anak bisa menyelesaikannya dengan cukup baik," kata Arum sebagai Guru Kelas VI SD Muhammadiyah 1 Tegal.

Menurutnya, anak - anak melewati babak penyisihan dengan cukup mulus karena soal-soal yang diberikan sesuai dengan kisi-kisi yang disampaikan. Sehingga prediksi soal yang dibuat oleh para pelatih lomba dari kegiatan ekstrakurikuler Sains di SD Muhammadiyah 1 Tegal hampir mirip dengan soal yang diujikan. 

Babak grand final juga dapat dilalui anak-anak dengan cukup baik, dimana soal-soal yang diberikan berupa soal penalaran tingkat sedang. 

Terpisah, Kepala SD Muhammadiyah 1 Tegal Nur Huda, S.Ag menambahkan, SD Muhammadiyah 1 Tegal memang memiliki berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler sebagai penunjang akademik dan penyalur bakat peserta didiknya. Harapannya, selain bisa sebagai penyalur bakat anak-anak, juga agar mereka bisa menorehkan prestasi sebagai penunjang akademik di tingkat berikutnya. Salah satu kegiatan untuk mempersiapkan peserta didik dalam ajang perlombaan ilmiah adalah ekstrakurikuler Sains. Kasek juga berbangga atas capai prestasi siswa didiknya yang berhasil mendapatkan juara 3 diajang kompetisi ini.(hid/hms)

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar