SMA N 1 Bulakamba Tampilkan 216 Hasil Kreatifitas Karya Siswa

SMA N 1 Bulakamba Tampilkan 216 Hasil Kreatifitas Karya Siswa Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Sebanyak 216 hasil Kreatifitas Siswa Kelas 10 SMA N 1 Bulakamba, Kabupaten Brebes dipamerkan dalam Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karya tersebut dipamerkan di lapangan terbuka sekolah setempat dan penampilan seni budaya lainnya, Kamis (16/3/2023).

Kepala SMA N 1 Bulakamba Imam Bagus Winarto MPd menjelaskan, gelaran ini sebagai implementasi Kurikulum Merdeka bagi kelas 10. Bagus merinci, pada Projek ini ada 216 karya P5 dengan rincian 72 karya Video Stop Bullying dengan tema: Bangunlah Jiwa dan Raganya. Kedua, Projek membuat 72 Mading Knowing dengan tema: Ruang Literasi Terbuka Berdimensi Kebhinekaan Global dan Projek ketiga berupa Kewirausahaan dengan dimensi Mandiri, Kreatif Dan Kearifan Lokal.

“Para siswa ternyata bisa membuat karya kuliner dengan 72 menu makanan dan minuman yang berbeda-beda,” terang Bagus dengan bangga.

Gelaran ini pada intinya mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan masing-masing tema yang bermuatan 6 dimensi. P5 ternyata mampu menyalurkan dan meningkatkan kreatifitas siswa. 

Kurkulum Merdeka, lanjutnya, baru diterapkan pada anak-anak Kelas 10 yang berjumlah 430 siswa dan tersebar di 12 kelas. Sedangkan jumlah siswa keseluruhan di SMA N 1 Bulakamba sebanyak 1127 siswa. Untuk kelas 10 belum ada penjurusan, sedangkan untuk kelas 11 dan 12 masuk jurusan sesuai dengan minat dan bakat siswa untuk memilih jurusan IPA atau IPS.

“Namun untuk tahun pelajaraan 2023/2024 akan dibuka Kelas Khusus Olahraga (KKO),” ungkap Bagus. 

Untuk itu, pihaknya terus membenahi sarana dan prasarana SMA 1 Bulakamba. Tahun depan juga membuka kelas khisus olahraga (KKO). Untuk melengkapinya yakni dengan membuat Stadion Mini, yang di dalamnya tersedia venue Atletik dan Lapangan Futsal. 

Pembukaan Gelar Karya P5 SMA N 1 Bulakamba ditandai dengan pemukulan Gong dan Pelepasan Balon oleh Kepala SMA N 1 Bulakamba. Tampak para siswa sumringah karena hasil karyanya di pamerkan dan dibeli oleh guru dan teman-teman lainnya.(hid/Was)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar