Hari Anak Sedunia, Ribuan Peserta Meriahkan Gebyar PAUD

Hari Anak Sedunia, Ribuan Peserta Meriahkan Gebyar PAUD Dok Humas

SINARPAGINEWS .COM, TEGAL – Meriah dan menyenangkan, Gebyar PAUD yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Bidang P2PNF dihadiri lebih dari 1300 peserta, Rabu (01/11/2023).

Kegiatan ini juga untuk memperingati hari anak sedunia.

Peserta yang terdiri dari anak-anak jenjang PAUD se Kota Tegal ini mengikuti 18 jenis perlombaan yang tentunya menyenangkan dan juga melatih motorik anak.

“Hari ini kita semua berupaya untuk memenuhi hak-hak anak, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Melalui kegiatan Gebyar paud ini, kita harapkan potensi yang dimiliki anak dapat berkembang dengan baik” ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M.Ismail Fahmi, S.IP., M.Si.

Dirinya juga menyampaikan, Kegiatan Gebyar PAUD sekaligus untuk menyampaikan pesan kepada dunia bahwa hari ini anak-anak Kota Tegal dapat mengubah dunia menjadi biru. Artinya anak- anak Kota Tegal berharap dunia menjadi damai, tanpa peperangan, dan tanpa kekerasan. hak-hak anak dapat terpenuhi termasuk hak untuk bermain. 

Terkait perlombaan yang dilaksanakan pada kegiatan Gebyar PAUD, M.Ismail Fahmi berpesan, anak-anak yang sudah turut serta menyemarakan berbagai macam lomba sejatinya adalah juara sejati.

“Hari ini anak-anaku tidak ada yang merasa kalah. semua peserta hari ini adalah sang juara. juara dihati orang tua, juara dihati para guru dan juara bagi kita semua” pungkas M.Ismail Fahmi.

Sementara itu Bunda PAUD Kota Tegal, dr. Roro Kusnabila Dedy Yon menyampaikan pentingnya pencegahan kasus perundungan/ bullying di lingkungan sekolah.

“Akhir- akhir ini marak terjadinya kasus perundungan/ bullying di lingkungan sekolah. perundungan ini harus kita cegah secara terpadu, dengan melibatkan banyak komponen, baik oleh anak, keluarga, sekolah dan oleh masyarakat” ucap Bunda PAUD Kota Tegal.

“Anak- anak harus kita lindungi , agar hak-hak mereka dapat terpenuhi secara optimal. peran semua komponen harus kita tingkatkan sebagai upaya mengkampanye-kan ‘stop kekerasan’ di lingkungan sekolah” pungkas Bunda PAUD Kota Tegal. 

Jenis Lomba TK

1. Lomba Fashion Show Batik Tegalan

2. Melompat Dalam Simpai Dengan Variasi Memindahkan Gelas

3. Lomba Finger Painting

4. Lomba Bercerita Dengan Buku

5. Lomba Kreasi Loose Parts

6. Lomba Tari Lagu Dolanan Jawa

Jenis Lomba KB

1. Lomba Memindahkan Bola

2. Lomba Memindahkan Simpai / Holahop dengan melompat

3. Lomba Estafet Ceria

4. Lomba Membawa Kelereng Menggunakan Sendok Bebek

5. Lomba Senam Profil Pelajar Pancasila

6. Lomba Gerak dan Lagu Anak Istimewa

Jenis Lomba SPS

1. Lomba Memindahkan Bola Dalam Keranjang

2. Lomba Memilah Pom Pom dengan Penjepit

3. Lomba Estafet Gembira

4. Lomba Menyusun Puzzle

5. Lomba Senam Profil Pelajar Pancasila

6. Lomba Menyanyi Lagu Wajib.(hid/mam)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar