UAD Job Fair #9 Campus Hiring 2024, Menjembatani Lulusan UAD dengan Dunia Kerja

UAD Job Fair #9 Campus Hiring 2024, Menjembatani Lulusan UAD dengan Dunia Kerja Ahmad

SINARPAGINEWS.COM, YOGYAKARTA - Sebanyak 40 perusahaan, 4 di antaranya secara online menyampaikan company profil perusahaan dan lowongan kerja (lowker): PT IFARS, PT Medion, PT Sanbe Farma dan PT Combiphar, mereka mengikuti UAD Job Fair #9 Campus Hiring 2024 di Hall Kampus 4 UAD, Jl Jenderal Ahmad Yani, Ringroad Selatan, Kragilan, Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Senin (29/1/2024), dibuka Dr Gatot Sugiharto, SH, MH

(Wakil Rektor UAD Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) dan dihadiri Mujahid Amrudin, SIP (Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul).
Disampaikan Gatot Sugiharto, UAD punya tanggung jawab menyiapkan alumni dalam dunia kerja. "Memilih karir sebagai ilmuwan, seorang profesional praktisi atau entrepreneur," kata Gatot.

Pada kesempatan itu Gatot mengapresiasi kinerja tim job fair UAD. "Karena mampu menunjukkan team work yang solid dan mandiri," katanya.
Bagi Gatot, kegiatan ini diadakan untuk menjembatani lulusan UAD dengan dunia kerja. "Untuk meniti karir di perusahaan nasional maupun level multinasional," ungkapnya.

Gatot mengingatkan kembali mahasiswa untuk mengasah soft skill. Karena UAD akan menerbitkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah untuk kemampuannya tersebut. Harapannya, lulusan UAD mampu terdepan dalam berkompetisi di pasar kerja yang kian selektif.
Kegiatan yang berlangsung pada 29-31 Januari 2024 dan diselenggarakan Pusat Pengembangan Karir Bimawa UAD ada pula Unit Konseling Mahasiswa dan disediakan ruang untuk Campus Hiring dengan kapasitas 40 orang.

Kepala Bimawa UAD, Dr. Choirul Fajri, S.I.Kom, MA, mengatakan, setelah tahun 2022 UAD Job Fair bisa diadakan secara luring. "Agar bisa memberi kebermanfaatan bagi perusahaan dan pencari kerja," kata Choirul Fajri.

Seperti disampaikan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul, ke depan bisa terlibat dan membantu untuk terlibat dalam kegiatan UAD Job Fair. "Juga penempatan tenaga kerja bagi alumni UAD dan bukan alumni," kata Mujahid Amrudin.
Di Bantul, penduduk yang masih membutuhkan pekerjaan relatif besar. "Ada selisih yang cukup besar antara lulusan dengan penyerapan tenaga kerja," katanya.

Mujahid sangat mengapresiasi apa yang dilakukan UAD, khususnya kegiatan job fair. "Tantangan ke depan semakin besar dan ke depan akan melibatkan Perguruan Tinggi di Bantul dalam merevitalisasi lulusan SMK dan pendidikan serta pelatihan vokasi," kata Mujahid.
Ada ketidaksiapan alumni SMK untuk masuk di dunia kerja. "Ini menjadi tantangan bagi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul," terang Mujahid.

Perusahaan yang berpartisipasi dalam UAD Job Fair 2024 adalah PT Yureka Edukasi Cipta, PT Sarana Pactindo, IDP Education Yogyakarta, QHOMEMART, Manna Kampus (Mirota Kampus), PT Sumberdaya Dian Mandiri, Lidah Buaya Group, PT BPR Syariah Madina Mandiri Sejahtera, PT Powerindo Global Jaya atau Iklanqu.com, PT Solo Murni, PT PKSS Yogyakarta, PT Intan Pariwara, PT Ebliethos Digital Indonesia, PT Bina Artha Ventura, CV Djongnesia Network (Cera Production), PT BPR Bhakti Data Ekonomi, PT Desmonda.

Selain itu ada Teleperformance, SMK Boedi Oetomo Cilacap, PT I Tech Lafacos, Kinderstation School, PT Infomedia Nusantara by Telkom, PT Marel Sukses Pratama, PT Winata Hapsara Indonesia, PT Semesta Integrasi Digital, Zettabyte Pte. Ltd., PT Metrodata Electronics Tbk, PT Telexindo Bizmart, PT Larissa Karunia Sejahtera, BPRS Bangun Drajat Warga, PT Dini Media Artha, PT Swakarya Insan Mandiri, PT Mayora Indah Tbk, PT Spilla Kreasi Kriya, PT Sertifikasi Performa Prima Indonesia, Resvara Indonesia.

Career Development Center dan Alumni Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD, seperti disampaikan Kepala Bidang CDC Bimawa UAD Hendy Ristiono, S.Far, MPH, Apt., job fair ini terbuka untuk mahasiswa UAD dan umum. "Perusahaan tak hanya membutuhkan ratusan karyawan, tapi mereka juga mencari lulusan terbaik yang memiliki hard skills atau keilmuan yang handal dan soft skills yang teruji,” tuturnya.

Kampus, alumni dan perusahaan adalah tiga pilar utama yang dinamis dan saling bersinergi. Untuk itu mahasiswa UAD selalu dibekali kiat menembus dunia kerja yang selalu berubah dengan sangat cepat.

UAD terus menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan. Dan job fair ini sebagai ajang promosi bagi perusahaan sekaligus melakukan rekrutmen. UAD memberikan fasilitas bagi perusahaan untuk bertemu langsung dengan pencari kerja. (Fan)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar