Peduli Gigi Sejak Dini, KKN UAD Sosialisasi Gemini di SDN Tirtosari Bantul

Peduli Gigi Sejak Dini, KKN UAD Sosialisasi Gemini di SDN Tirtosari Bantul Affan Safani Adham

SINARPAGINEWS.COM, BANTUL - Kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Gerakan Menggosok Gigi Sedari Dini (Gemini) yang diorganisir mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode 119 Unit VI C.2 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di Padukuhan Pangkah, Kalurahan Tirtosari, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, memberikan dampak positif bagi anak-anak dengan meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak dini.

Pada kegiatan tersebut Cut Nurul Arvita Regzi Mutuah yang akrab disapa Nurul, mahasiswi semester 7 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat UAD sebagai pemateri yang memberikan penjelasan dan memaparkan tentang teknik yang benar dalam menggosok gigi kepada anak-anak.

Pada kesempatan itu Nurul menggunakan peraga gigi dan sikat gigi sebagai alat untuk mempraktikkan teknik tersebut di depan siswa kelas 1-5 SD Negeri Tirtosari.

Anak-anak yang mengikuti sosialisasi Gemini diarahkan untuk membawa sikat dan pasta gigi dari rumah agar mereka dapat langsung mencoba teknik menggosok gigi yang benar.

Mereka juga diberikan pemahaman tentang waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan tersebut. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan membantu mereka dalam merawat gigi dengan baik dan mencegah masalah kesehatan gigi seperti gigi berlubang dan radang gusi serta dampak lebih serius seperti gangguan pada pertumbuhan gigi dan kesehatan umum anak.

Melalui inisiatif ini diharapkan mahasiswa KKN Reguler Periode 119 Unit VI C.2 UAD dapat meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sejak dini serta memperkuat pola hidup sehat di masyarakat.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar