Mahasiswa Internasional Belajar Bahasa Tegalan Di FKIP UPS

Mahasiswa Internasional Belajar Bahasa Tegalan Di FKIP UPS Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL -Rabu 21 Februari 2024, Sejumlah 13 Pelajar Internasional yang terdiri dari berbagai negara (Uzbekistan, India, Gaha, Tanzania, Mesir, dan Kazakstan) dan 47 Mahasiswa Dalam Negeri yang terdiri dari Universitas Mitra yang terdiri 14 Universitas Nasional mengikuti Pembelajaran Bahasa Tegalan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.

Kegiatan ini dilakukan secara offline di Gedung D 100 FKIP UPS. Kegiatan ini salah satu rangkaian International Student Mobility 2024.

Prof Dr Purwo Susongko M.Pd selaku Pengajar Bahasa Tegalan mengungkapkan Rasa Syukurnya karena bisa memperkenalkan bahasa Tegal kepada Mahasiswa Asing. Dalam Pembelajaranya lebih banyak di tekankan pada bahasa tegalan lebih banyak kosa kata dari bahasa Jawa Kuno ( Kawi ) di banding Bahasa Jawa Standar ungkap Purwo.

Dalam Pemaparanya dijelaskan dasar bahasa jawa mulai dari Pengucapan Ha Na Ca Ra Ka; Da Ta Sa Wa La, Pa Dha Ja Ya Nya , Ma Ga Ba Ta Nga Kemudian dilanjutkan dengan kosa kata bahasa tegalan sehari hari serta logat bahasa tegalan.
Dekan FKIP UPS Dr Yoga Prihatin M.Pd ikut memberikan Materi Internasional Student Mobility 2024, FKIP mendorong dan mendukung program KUI UPS Tegal dengan menyambut hangat dan antusias semua peserta workshop dari berbagai negara, dengan harapan acara ini mampu mendongkrak nama UPS Tegal secara umum dan FKIP khususnya di kancah nasional dan internasional ucap Yoga.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan beberapa Dosen dosen Prodi lingkungan FKIP, mulai dari Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia (Pelatihan Bahasa Indonesia & Bahasa Tegalan), Prodi Bimbingan dan Konseling ( Komunikasi Antar Budaya), dilanjutkan Pendidikan Matematika (Ethnomathematics Exploration Of The Tegal Poci Monument To Improve International Students' Mathematical Literacy) selanjutnya Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (multicultural education in Indonesia) di lanjutkan Pendidikan Ekonomi(creative economy based on Tegal Local Wisdom for International Students) dan Pendidikan Bahasa Ingris (Developing Cross Cultural Literacy For International Students In Tegal).(hid/fit).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar