Kenalkan Kearifan Lokal, Peserta Internasional Student Mobility UPS Bermalam Di Rumah Warga Lokal

Kenalkan Kearifan Lokal, Peserta Internasional Student Mobility UPS Bermalam Di Rumah Warga Lokal Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Merasakan sensasi berbaur dan bermalam di rumah warga pedesaan, seperti halnya pulang ke kampung halaman nan jauh adalah satu pengalaman baru yang dialami peserta International Student Mobility (ISM) 2024 yang gelar Universitas Pancasakti Tegal (UPS), ketika mengunjungi dan bermalam selama tiga hari dua malam di rumah warga lokal dan berbaur dengan masyarakat di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.
Tepatnya pada Jumat 23 Februari hingga Sabtu 25 Februari 2024, setelah mereka menjalani camping, outbound dan games di Guci Forest. Datang sebagai tamu dan pulang sebagai keluarga, karena memang pelayanan yang lebih mengedepankan azas kekeluargaan"

Bukan sekedar berwisata dengan berfoto-foto maupun mengunjungi tempat ikonik suatu destinasi, tapi bisa merasakan keramahtamahan penduduk lokal mengenal akan budaya, bahasa dan kearifan lokal penduduk setempat kususnya, Indonesia Umumnya.

Kepala UPT Kerja Sama dan Urusan Internasional UPS Ihda Rosdiana Mhum, memaparkan Seluruh peserta ISM 2024, baik mahasiswa asing maupun mahasiswa nasional selama tiga hari dua malam tinggal bersama warga lokal di Desa Cempaka, mereka akan berbaur dengan waga dan mengenal akan kearifan lokal warga setempat.

Tentunya tidak hanya tinggal di rumah warga lokal saja, mereka juga berbaur dengan warga sekitar mengikuti kegiatan dan aktivitas yang biasanya dilakukan warga sekitar layaknya penduduk desa, seperti pergi berkebun, membajak sawah, memanen singkong, mempersiapkan jualan untuk dibawa ke pasar, dan lainnya. Sabtu siangnya, diselenggarakan International Student Championship di halaman salah satu MTs Desa Cempaka yang diikuti seluruh peserta.

Mereka juga mengikuti rangkaian kegiatan Lomba yang diadakan panitia meliputi Speech, Dance, Modelling, Essay, Photography, Poster Design, dan Vlog, dengan dewan juri yang berasal dari Indonesia, India, Filipina, Swedia, Bangladesh, dan Jerman.

Malamnya diadakan Pentas Rakyat diisi perwakilan anak muda Desa Cempaka dan juga peserta ISM 2024. Peserta dan warga berbaur selama acara berlangsung.
Dengan menginap di rumah warga lokal dan berbaur dengan warga, peserta ISM 2024 bisa mengetahui kearifan lokal , kehidupan warga lokal dan menumbuhkan rasa peduli serta tanggung jawab, ucap Ihda.

Salah satu peserta ISM 2024, Ellen Ekuful, mengungkapkan jika pengalaman ini memberinya kesempatan untuk bisa berinteraksi dengan warga lokal, makan dengan makanan setempat dan kegiatan menyenangkan lainnya. Ini kali pertama saya ke Indonesia, dan langsung merasakan suasana kehidupan warga lokal, ucap mahasiswa Manajemen asal Ghana itu.

ISM 2024 yang dibuka Rabu 21 Februari 2024 oleh Rektor UPS Dr Taufiqulloh M.Hum beragendakan Sit In Program di UPS meliputi Workshop Bahasa Tegal, Leadership, Enterpreunership, dan Mangrove Planting. Kemudian dilanjutkan Cultural Visit, Company Visit, Camping, Community Service, dan International Competition. ISM 2024 ditutup di Pasar Slumpring Bumijawa.(hid/fit)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar