Ke Depan UAD Menjadi Pusat Keunggulan yang Hakiki

Ke Depan UAD Menjadi Pusat Keunggulan yang Hakiki Affan Safani Adham

SINARPAGINEWS.COM, MALANG - Pencapaian secara normatif dirasakan belum cukup bagi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Karena itu ke depan UAD diharapkan menjadi pusat keunggulan yang hakiki.

Seperti disampaikan Rektor UAD, Prof Dr Muchlas, MT, di depan jurnalis di Malang, Jawa Timur, pada 28 Februari 2024 lalu, UAD akan menjadi institusi pendidikan tinggi unggulan yang terus berkembang di masa mendatang meski secara normatif UAD telah menyandang akreditasi unggul.
"Parameter unggul yang telah berhasil dicapai UAD perlu ditingkatkan lagi," kata Muchlas di sela-sela acara press tour wartawan yang sering meliput di UAD.
Ke depan, UAD akan menjadi universitas yang terus berkembang, mandiri, unggul berdasar nilai hakiki. Bukan hanya rangking dari Webometrics dan sebagainya. "Kami akan berkomitmen mencapai hal itu," tandas Muchlas, yang menambahkan UAD berupaya membangun sebuah etos melalui nilai yang terkandung dalam tiga kata kunci: inovatif, profesional dan dedikatif.

Selain itu, Rektor UAD mendorong guru besar yang berdedikasi untuk mengembangkan pusat keunggulan. "Melalui dukungan berbagai pihak teknologi informasi menjadi salah satu pusat keunggulan UAD," kata Muchlas.

Di sisi lain, seperti dikatakan Muchlas, UAD bertekad menjadi perguruan tinggi yang terus mengembangkan diri menja)di kampus yang mandiri. "Perlu ada skema melalui penguatan dana abadi yang disokong unit-unit usaha yang kuat," paparnya.

Menurut Muchlas, perguruan tinggi yang kuat adalah memiliki dana abadi yang berfungsi menopang seluruh kehidupan kampus. "Dana UAD tidak hanya dari mahasiswa, tapi harus mandiri secara ekonomi dengan memperkuat dana abadi agar bisa membangun karya-karya keilmuan dengan on the track," terangnya.

Secara konsisten UAD akan terus mengembangkan inovasi di bidang iptek dan seni serta mengembangkan inovasi di segala bidang. UAD akan mengadopsi prinsip TRL (Technology Readiness Level). Dan ke depan, bidang teknologi UAD jadi salah satu aspek yang diperhitungkan. (Fan)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar