Peningkatan Literasi Numerasi bagi Anak-anak di Samigaluh Kulon Progo

Peningkatan Literasi Numerasi bagi Anak-anak di Samigaluh Kulon Progo Affan Safani Adham

SINARPAGINEWS.COM, KULONPROGO - Era globalisasi ditandai dengan tuntutan bagi setiap masyarakat untuk memiliki berbagai kompetensi atau kemampuan agar mampu bersaing. Salah satu kemampuan yang penting dimiliki setiap masyarakat Indonesia adalah kemampuan literasi dan numerasi. 

Sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat dan guna meminimalisir rendahnya literasi serta numerasi bagi siswa-siswa yang berada di wilayah Kalurahan Kebonharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit XIX C1 dan C2 mengadakan pelatihan peningkatan literasi dan numerasi.

Pada kesempatan itu, materi disampaikan oleh Meita Fitrianawati, M.Pd, Dosen PGSD FKIP UAD sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di wilayah Kalurahan Kebonharjo.

Kali ini kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan secara luring dengan sasaran siswa-siswa Sekolah Dasar (SD) di wilayah tersebut pada 15 Februari 2024 dan 17 Februari 2024 di sekolah sekitar Kebonharjo, Samigaluh, Kulonprogo.

Meita mengawali dengan membimbing belajar anak-anak yang mempunyai kesulitan belajar dalam menyusun cerita dari guru di sekolah tempat mereka belajar. Kemudian, dilanjutkan dengan permainan edukatif yang melibatkan beberapa mahasiswa KKN yang bertugas pada saat itu.

Anak-anak terlihat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan tersebut. Terbukti dengan respon dan berbagai pertanyaan pada saat pelatihan.

Harapannya, anak-anak agar sering dilatih untuk melakukan permainan untuk melatih literasi dan numerasi.

Agustinus Supriyono, Dukuh Pelem, mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang sudah dilaksanakan KKN UAD Yogyakarta.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar