FTIK UPS Gelar Seminar Bulanan,

Tema: Peran teknik sipil Dalam Pembangunan Jembatan PCI Girder Di Indonesia

Tema: Peran teknik sipil Dalam Pembangunan Jembatan PCI Girder Di Indonesia

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Pancasakti Tegal (FTIK UPS) menyelenggarakan seminar bulanan dengan tema Peran Teknik Sipil dalam Pembangunan Jembatan PCI Girder di Indonesia, Kamis (28/3/2024).

Seminar tersebut dengan pemateri Ir. Weimintoro, MT, dan Teguh Hari Santoso, ST.MT. kedua pemateri tersebut merupakan praktisi yaitu kontraktor dan konsultan Teknik Sipil sekaligus sebagai dosen Teknik Sipil FTIK UPS Tegal. 

Acara tersebut dihadiri kurang lebih 100 mahasiswa. 

Dalam sambutan pembukaan seminar Dekan FTIK UPS Tegal Dr. Agus Wibowo, MT yang didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik Rusnoto, ST. M.Eng, menyampaikan pentingnya peran praktisi dalam menyampaikan pengalamannya dihadapan mahasiswa sebagai bekal besok dalam menghadapi dunia kerja, sekaligus kolaborasi antara ilmu yang didapat di bangku kuliah dengan ilmu yang ada di dunia kerja. 

Untuk bulan Maret ini diselenggarakan dari program studi Teknik Sipil maka diundang pemateri dari Teknik Sipil. Karena di FTIK ada 5 Program Studi yaitu Program Studi Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Sipil, Informatika dan Sistem Informasi sehingga penyelenggaraan seminar bergilir dari tiap prodi. 

Sebagai pemateri I, Ir. Weimintoro, MT, menyampaikan paparannya tentang konstruksi jembatan PCI Girder yang kebetulan sedang beliau kerjakan, yaitu tahapan pembangunan bagian-bagian jembatan girder adalah pondasi jembatan, bangunan bawah, bangunan atas, jalan pendekat jembatan (oprit) dan bangunan pelengkap. 

Sebagai pemateri II, Teguh Hari Santoso, ST.MT, menyampaikan tentang konsultan konstruksi, peran dan tugas seorang konsultan konstruksi dikatakan penting sebab dalam sebuah proyek pembangunan dibutuhkan penyedia software dan brainware yang bertujuan untuk melancarkan semua pelaksanaan pembangunan mulai dari tahap awal perencanaan hingga masapelaksanaan pembangunan berakhir.

 Proses awal perencanaan sebuah proyek oleh seorang konsultan konstruksi harus dirancang secara matang agar bisa menghasilkan sebuah infrastruktur atau bangunan yang berkualitas, dengan begitu kesuksesan sebuah proyek bisa terjamin kedepannya.(hid/adv)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar