Gandeng Kemenkeu 1 Jawa Tengah FEB UPS Gelar Seminar Nasional Kiat Sukses Ekspor

Gandeng Kemenkeu 1 Jawa Tengah FEB UPS Gelar Seminar Nasional Kiat Sukses Ekspor Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Seminar yang berfokus pada kiat-kiat sukses dalam kegiatan ekspor telah berhasil diadakan dengan antusiasme tinggi dari peserta. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang strategi dan praktik terbaik yang diperlukan untuk meraih keberhasilan dalam mengembangkan bisnis ekspor di pasar global yang kompetitif. 


Kegiatan seminar ini diselenggarakan oleh Tax Center UPS Tegal bekerjasama dengan Kemenkeu satu jateng, Bea Cukai Batam dan KPP Pratama Tegal. Kegiatan ini di ikuti lebih dari 350 peserta mahasiswa di lingkungan Universitas Pancasakti Tegal Secara offline di Aula Kampus 2 UPS Tegal dan juga di ikuti peserta umum secara online Zoom, Selasa (2/5).


Para pembicara yang ahli dalam bidang ekspor membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka tentang berbagai aspek yang terkait dengan ekspor, mulai dari identifikasi pasar potensial hingga strategi pemasaran internasional yang efektif. Mereka menekankan pentingnya memahami tata cara ekspor, persyaratan perdagangan internasional, dan strategi manajemen risiko yang tepat.


Sebagai pembicara pada seminar hari ini yaitu Affan Izzulhaq KPU Bea Cukai Batam, Mukhamad Wisnu Nagoro Kanwil DJP Jateng 1 dan Santoso KPP Pratama Tegal. Salah satu sorotan utama dari seminar ini adalah diskusi tentang pentingnya inovasi dan adaptasi terhadap perubahan dalam konteks perdagangan internasional. 


Para pembicara menyoroti peran teknologi informasi, riset pasar, dan strategi pemasaran digital dalam memperluas jangkauan pasar, meningkatkan daya saing produk, dan memperkuat posisi dalam rantai pasok global. Hal lain yang dijelaskan dalam seminar ini adalah aspek dasar perpajakan atas ekspor.


 Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPS Tegal Dr. Dien Novianto Rahmatika,SE.MM.AK.CA. Dalam sambutannya beliau mengatakan seminar ini tidak hanya memberikan wawasan yang berharga tetapi juga memotivasi para pelaku bisnis untuk mengembangkan strategi yang lebih cerdas dan efektif dalam memasuki pasar global. Diharapkan bahwa peserta dapat menerapkan kiat-kiat yang didapat dalam seminar ini untuk meraih kesuksesan dalam mengembangkan bisnis ekspor mereka dan memanfaatkan peluang yang ada dalam perdagangan internasional yang dinamis. 


Sesi tanya jawab yang aktif memungkinkan para peserta untuk berbagi pengalaman, mengajukan pertanyaan tentang tantangan yang mereka hadapi dalam ekspor, dan mendapatkan wawasan langsung dari para ahli tentang cara mengatasi hambatan tersebut. Diskusi yang terbuka dan kolaboratif ini menciptakan suasana yang membangun dan memberikan inspirasi bagi semua yang hadir.(hid/fit)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar