Bersama Yayasan Disabilitas, Mahasiswa PPG Prajabatan BK UPS Gelar Peringatan Hari Kartini

Bersama Yayasan Disabilitas, Mahasiswa PPG Prajabatan BK UPS Gelar Peringatan Hari Kartini Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Mahasiswa PPG Prajabatan BK Univeritas Pancasakti Tegal (UPS) bersama dengan yayasan disabilitas tegal bahari dan SLB N Kota tegal mengadakan kegiatan peringatan Hari Kartini dan puncak kegiatan proyek kepemimpinan PPG Prajabatan BK Universitas Pancasakti Tegal, Selasa (23/4).


Acara diisi dengan kegiatan bazzar,lomba kolase dan pemilihan si mbak si mas yang diikuti oleh siswa dari SLB N Kota Tegal dari jenjang pendidikan SD hingga SMK. 


Kegiatan ini dibuka oleh Kepala SLB N Kota Tegal yaitu Dra Utakari Amanah, M.Si yang juga dihadiri oleh bapak Arif Budhiman S M.Pd selaku dosen pembimbing proyek kepemimpinan dan bapak Aris Setia Resti selaku ketua yayasan Disabilitas Tegal Bahari, Kegiatan bazzar sendiri merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk melatih siswa untuk dapat berinteraksi dengan orang lain dan mampu mempromosikan hasil produksinya kepada orang lain baik secara langsung maupun melalui media social dengan cara membuat vlog, untuk vlog yang telah dibuat bisa dilihat di akun instagram PK2 PPG Prajabatan BK UPS, hal ini juga bertujuan agar stigma masyarakat terhadap para penyandang disabilitas tidak dapat bekerja mampu berubah. 


Selain mempromosikan hasil produksinya kegiatan bazzar ini juga berisi simulasi pembuatan hidroponik, batik shibori dan informasi karir serta beberapa stand makanan dari para siswa,orangtua siswa dan guru SLB yang juga ikut berjualan di kegiatan bazzar.


Pada stand informasi karir berisi mengenai hak bagi penyandang disabilitas di Indonesia,pilihan karir yang dapat dipilih siswa, dan menyajikan pohon impian yang berisi tentang cita cita mereka dimana mereka menuliskan apa yang mereka impikan dan menggantungkannya pada pohon yang telah disediakan.


Lomba kolase atau lomba menghias sebuah gambar menggunakan limbah plastic dan merang lomba ini diikuti oleh 40 siswa. dan diikuti dengan antusias oleh siswa hasil karya mereka pun tidak kalah bagus dengan anak normal pada umunya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kreatifitas penyandang disabilitas dengan memanfaatkan sampah atau limbah.


Lomba simas simbak diikuti oleh siswa SLB dengan menggunakan kebaya sebagai salah satu bentuk memperingati hari kartini dan melatih kepercayaan diri siswa serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk tampil didepan banyak orang selain itu diselingi juga dengan karaoke oleh siswa, hal ini juga diikuti dengan antusias oleh siswa ditunjukan dengan keberanian mereka bernyanyi didepan banyak orang.


Kegiatan ini pun disambut baik oleh para guru,yayasan dan para orangtua siswa SLB N kota tegal hal ini ditunjukan dengan keikutsertaan mereka dalam mengikuti bazzar, membeli produk hasil dari disabiltas tegal bahari dan ikut membuka stand sebagai salah satu bentuk partisipasi mereka dalam memeriahkan puncak kegiatan proyek kepemimpinan PPG Prajabatan BK Universitas Pancasakti Tegal dan sekolah luar biasa negeri kota tegal.(hid/fit).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar