UPS Mewisuda 498 Mahasiswa, Yayasan Sebut Program Prodi Kedokteran Bakal Terwujud Tahun Ini

UPS Mewisuda 498 Mahasiswa, Yayasan  Sebut Program Prodi Kedokteran Bakal Terwujud Tahun Ini A.Wahidin

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Universitas Pancasakti Tegal (UPS) Melaksanakan sidang senat terbuka dalam rangka wisuda sarjana satu (S1) ke-71 dan Magister (S2) ke-16 periode gasal TA 2023/2024 bertempat di gedung auditorium daryoen seno atmojo di Jalan Halmahera KM 1 Tegal, Sabtu (27/4/2024).


Dalam kesempatan ini terdapat 498 wisudawan dari 17 program studi tingkat sarjana dan 3 program studi jenjang magister. Rinciannya, yaitu sebanyak 109 lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 129 lulusan Fakultas Hukum, 35 lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 57 lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 21 lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, 73 lulusan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer dan 74 lulusan Program Magister. 


Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab UPS kepada bangsa dan negara Indonesia, khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing di era global saat ini.


Wisuda kali ini mengangkat tema “Menciptakan Lulusan Yang Berliterasi Budaya dan Berjiwa Pancasila”. Hal ini sejalan dengan apa yang telah dicanangkan oleh Kemendikbudristek sejak tahun 2017 bahwa kemampuan literasi budaya dan pemahaman akan Pancasila hendaknya ada di dalam diri setiap pelajar Indonesia sebagai suatu ketrampilan perilaku dalam budaya nasioanal sebagai identitas bangsa dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara. Melalui pemahaman akan literasi budaya dan kewarganegaraan, Pemerintah berupaya untuk menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme pada Masyarakat di era milenial ini. 


Kelulusan Saudara pada hari ini tentunya tak lepas dari peran komponen sivitas akademika lainnya. Para dosen, para pegawai yang membantu proses administrasi, dan juga seluruh sistem pendukung di universitas ini. Untuk itu, mari kita ucapkan terimakasih kepada mereka semua. Saudara sebagai alumni merupakan representasi UPS di masyarakat. Perilaku Saudara di masyarakat akan menjadi cerminan kampus ini. Oleh karena itu, saya berpesan agar Saudara ikut menjaga nama baik almamater dengan selalu berpikir, berkata, dan berbuat yang baik. Kami mengharapkan Saudara dapat mengamalkan ilmu dalam profesi Saudara masing-masing secara lebih bertanggungjawab dan berkualitas.


" Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses kepada saudara yang hari ini telah diwisuda dan menyandang gelar sarjana," pungkasnya.


Sementara itu, dalam kata sambutannya, Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Dr. Imaan Sugiharto, SH.,MH menambahkan, Hari ini bagi Wisudawan/ti Universitas Pancasakti Tegal tentunya menjadi hari yang bersejarah karena telah berhasil menyelesaikan pendidikan baik pada program Magister dan Sarjana di Univeritas Pancasakti Tegal. 


Selain itu saya juga berharap para Wisudawan/ti sebagai bagian dari keluarga Universitas Pancasakti Tegal dapat ikut mempromosikan Universitas Pnacasakti Tegal ke keluarga, tetangga maupun masyarakat terkait berbagai kebaikan, kemajuan, pengharagaan maupun program kegiatan Universitas Pancasakti Tegal. 


Pada sisi yang lain upaya pembukaan Program Studi dan Fakultas Kedokteran Universitas Pancasakti Tegal saat ini masih terus berproses. Dua rekomendasi pembukaan Prodi Kedoteran dari Kementerian Kesehatan dan Konsil Kedokteran Indoensia sebagai persyaratan utama alhamdulillaah sudah kita dapatkan. Langkah selanjutnya adalah pengajuan ijin pembukaan Prodi di SIAGA (Sistem Informasi Kelembagaan) Kemdikbudristek. Bapak Ibu hadirin yang saya hormati, syarat lain dari pembukaan Prodi Kedokteran yang harus dipenuhi bagi Perguruan Tinggi di Pulau Jawa adalah Akreditasi Institusi harus terakreditasi unggul.  


Untuk itu Yayasan berserta Universitas sebagai penanggung jawab akademik telah mempersiapkannya secara maksimal, dan saat ini sedang menunggu visitasi lapangan dari Tim Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan Mei ini. Untuk itu, kami mohon doa Bapak Ibu Hadirin, semoga Universitas Pancasakti Tegal mendapatkan status terakreditasi unggul dan selanjutnya ijin pendirian Prodi kedokteran segera bisa didapatkan sehingga dapat menerima mahasiswa baru dan memulai kegiatan akademik Prodi Kedokteran pada tahun akademik 2024/2025 mulai September 2024 ini.(hid/spn).


Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar