UKI Gelar Lomba Lomba Karya Anak Berkebutuhan Khusus bertema "Karyaku Bahasa Cintaku"

UKI Gelar Lomba Lomba Karya Anak Berkebutuhan Khusus bertema "Karyaku Bahasa Cintaku" Chairul Lomba Karya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) bertema "Karyaku Bahasa Cintaku" di Kampus UKI, Jakarta, Sabtu (27/4/2024).

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Universitas Kristen Indonesia (UKI) menyelenggarakan Lomba Karya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) bertema "Karyaku Bahasa Cintaku" di Kampus UKI Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (27/4/2024).

Kegiatan ini merupakan acara tahunan UPT Golden Kids UKI yang diikuti oleh ABK dari kalangan umum. Tujuannya adalah untuk menggali dan menampilkan aktualisasi diri para peserta. 

"Kegiatan ini sebenarnya wadah untuk para Anak Berkebutuhan Khusus itu, bisa menampilkan keterampilan yang sudah dilatih di sekolah, di tempat terapi, dimanapun. Mereka seringkali fokusnya bukan pada pendidikan formal tapi pada menggali potensi, supaya di tengah mencari potensi itu dia bisa pakai untuk menampilkan aktualisasi diri mereka, " ujar Kepala UPT Golden Kids, Evi Deliviana saat diwawancarai Sinarpaginews.com di sela-sela acara. 

Tak hanya bertujuan menampilkan bakat yang dimiliki, UKI ingin kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk memperluas relasi dari ABK itu sendiri beserta keluarganya. 

"Ini jadi ajang anak-anak punya relasi di luar sekolah yang biasanya didatangi, jadi relasi mereka semakin kuat, komunitasnya semakin luas. Para pendamping juga punya relasi yang cukup luas, " tuturnya. 

Selain itu, melalui kegiatan ini, UKI juga ingin dikenal sebagai kampus yang ramah disabilitas oleh masyarakat luas. Kategori yang dilombakan mulai dari bermain keyboard, bernyanyi dan mewarnai. 

"Total peserta yang hadir sebanyak 29 orang dari beragam sekolah dan pusat terapi, mulai dari usia 7-30 tahun, " jelasnya. 

Dalam hal ini, UKI ingin menunjukkan bahwa kampusnya punya satu unit layanan untuk mengembangkan kemandirian anak-anak berkebutuhan khusus.

"UPT Golden Kids sebenarnya sudah berdiri selama 11 tahun, awalnya dibangun oleh Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan UKI dibawah arahan Program Studi Bimbingan dan Konseling. Awalnya Golden Kids ini adalah laboratorium untuk mahasiswa belajar (calon Guru BK) bertemu dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Dari laboratorium, UKI mengembangkannya sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Golden Kids, " papar Evi.

Terakhir dia berharap, kegiatan lomba ini bisa rurin setiap tahun diadakan dan dapat melibatkan peserta ABK lebih banyak lagi. 

"Semoga ini terus menjadi kegiatan tahunan yang kita selenggarakan, semakin banyak peserta yang ikut, semakin banyak juga ABK yang menggunakan kegiatan ini menjadi wadah mereka untuk mengaktualisasikan diri, " pungkasnya.

 

Editor: Chairul

Bagikan melalui:

Komentar