Ketua Kwarcab Kota Tegal Lantik Ka Kwarran Tegal Selatan dan Margadana

Ketua Kwarcab Kota Tegal Lantik Ka Kwarran Tegal Selatan dan Margadana Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Bertempat di sanggar Pramuka, Jalan Hang Tuah No 23, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tegal menggelar pelantikan pergantian antar waktu (PAW) pengurus Kwaran Tegal Selatan dan Margadana tahun 2023-2025 sekaligus halal bihalal, Kamis (9/5/2024).


Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua Kwarcab Kota Tegal, Kak Dr. M Jumadi, ST.,MM di awali dengan pernyataan kesiapan dari masing-masing pengurus yang akan di lantik serta mengikuti kata-kata pelantikan dari ka Kwarcab dengan memegang ujung merah putih yang di tempatkan di dada sebelah kiri. 


Kegiatan pelantikan dihadiri oleh jajaran Mabicab, Para Wakil ketua Kwarcab, Andalan Kwarcab, Mabiran, Pengurus Kwaran se Kota Tegal dan Dewan Kerja Cabang (DKC)


Ditemui usai pelantikan, Kak Jumadi mengatakan, bahwa pergantian antar waktu pengurus Kwaran Tegal Selatan dan Margadana karena ada pergeseran jabatan fungsional di Kota Tegal.


"Karena ada pergeseran jabatan fungsional di Margadana dan Tegal Selatan, maka pejabat Pemkot Tegal yang aktif sebagai Ketua Kwaran akhirnya di PAW. Alhamdulillah sambutan Pj Walikota yang di bacakan oleh asisten II kak Ir Cucuk Daryanto,M.Si. sangat bagus," ungkap Kak Jumadi.


Ditambahkan pula, tugas pengurus PAW yang baru saja dilantik akan berakhir pada 2025 mendatang. Sehingga diharapkan dapat menjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.


"Jadi inilah Pramuka, bagaimana menciptakan generasi muda yang luar biasa bagi bangsa Indonesia ke depan," tambah Kak Jumadi.


Menanggapi tentang Permendikbud Ristek Nomor 12 tahun 2024, yang menghapus Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah, Kak Jumadi menyebut Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah melayangkan surat ke Mendikbud Ristek agar dikembalikan seperti semula.


"Saya kira Pramuka merupakan satu-satunya kegiatan yang efektif dalam menciptakan generasi bangsa lebih baik, dari mulai kejujuran, kedisiplinan, gotong royong, budi pekerti, pembentukan karakter, dan sebagainya ada disitu semua," jelasnya.


Kak Jumadi menegaskan, Pramuka jangan sampai dihilangkan karena sangat penting. Makanya di Kota Tegal harus berjalan seperti biasa tidak terpengaruh dengan Permendikbud Ristek Nomor 12 Tahun 2024.


Senada dengan Kak Jumadi, ketua LPK Kwarcab Kota Tegal, Kak Drs Sipon Junaedi, MPd., menyampaikan bahwa Pramuka adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi generasi muda."Pramuka jadi harapan bangsa, karena tunas-tunas bangsa munculnya di Pramuka. Maka mari kita kembangkan terus, karena ini satu-satunya wadah pembinaan karakter bangsa," tegasnya.(hid/war).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar