18 Stand Mahasiswa PPG UPS, Meriahkan Gelar Karya Proyek Kepemimpinan

18 Stand Mahasiswa PPG UPS, Meriahkan  Gelar Karya Proyek Kepemimpinan Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 Universitas Pancasakti (UPS) Tegal mengadakan Gelar Karya Proyek Kepemimpinan. 


Mengangkat tema ” Sinergitas Pendidikan Inovatif, Adaptif, dan Global melalui Gelar Karya Proyek Kepemimpinan” Kegiatan yang terdiri dari 18 stand itu digelar di Auditorium Daryoen Seno Atamodjo Universitas Pancasakti Tegal pada minggu (26/5/2024). 


Berbagai kara yang dipamerkan adalah hasil implementasi mahasiswa PPG UPS Tegal di tengah lingkungan sekolah dan masyarakat.


Koordinator Dosen Proyek Kepemimpinan Neni Hendaryati M.Pd menyampaikan gelar karya proyek kepemimpinan ini merupakan rangkaian kegiatan akhir dari mahasiswa PPG. Selama satu tahun atau dua semester mereka mengikuti PPG, hasilnya mereka implementasi dalam pemeran karya.


"Ada 18 stand pameran 183 mahasiswa yang mewakili program studi masing-masing. Antara lain prodi IPA A dan B, Matematika A dab B, Bahasa Indonesia A dan B, PKN, dan BK ," jelas Neni Hendaryati , minggu (26/5/2024).


Karya yang dipamerkan merupakan edukasi yang mereka berikan saat di sekolah, seperti membuat kerajinan, obat obatan, Makanan, pertanian, peternakan, wirausaha, atau bahkan kreativitas. Ia berharap, pameran karya kepemimpinan ini bisa meningkatkan talenta para mahasiswa PPG. 


Di waktu yang berbeda Direktur Provesi UPS Dr Beni Habibi M.Pd menyampaikan, Kegiatan Gelar karya adalah luaran dari mata kuliah wajib yaitu Proyek Kepemimpinan pada semester 2 bagi mahasiswa PPG Prajabatan, Gelar karya proyek kepemimpinan bertujuan untuk melatih kemampuan kepemimpinan mahasiswa PPG melalui kegiatan service learning atau pembelajaran berbasis pelayanan kepada komunitas dan Masyarakat yang menjadi target, Melalui kegiatan proyek kepemimpinan mahasiswa belajar langsung dengan mitra untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat diluar pembelajaran dikelas. 


Sehingga nanti Ketika menjadi guru professional memiliki kompetensi yang komprehensif dan siap melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkarakter, kreatif dan inovatif untuk menjadi salah satu pelopor aksi nyata dalam kepemimpinan pendidikan di masyarakat, UPS Tegal menyediakan Program Profesi Guru (PPG).


 Program ini mendukung visi dan misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia Maju melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.


Sementara itu Wakil Rektor 1 Prof Dr Purwo Susongko M.Pd mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan gelar karya ini. Ini sebagai bentuk karya mahasiswa PPG Prajab UPS, dimana pada semester pertama mahasiswa dituntut untuk melakukan pameran tentang apa apa yang sudah dilaksanakan pada semester pertama di komunitas masyarakat, ada yang disekolah, Panti Asuhan, pesantren dan taman bacaan serta tempat tempat lain.(Hid/fit).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar