Mahasiswa prodi TM FTIK UPS Tegal Sabet Juara 2 Kategori Umum Krenova Brebes 2024

Mahasiswa prodi TM FTIK UPS Tegal Sabet Juara 2 Kategori Umum Krenova Brebes 2024 Ket.foto:( sesi foto bersama)

SINARPAGINEWS.COM, BREBES- Hananta Rendra Yudhistira, M Nur Falah, Hikmatyar Rabbani, dari Program Studi Teknik Mesin UPS Tegal berhasil menjadi JUARA 2 pada ajang KRENOVA Kabupaten Brebes 2024 Kategori Umum.

Tim yang di bimbing oleh ketua Program Studi Hadi Wibowo, ST.,MT, Sekretaris Program Studi Galuh Renggani Wilis, ST.,MT mengusung tema MEVABA (Mesin Vapor Blasting) yaitu mesin pembersih logam dengan metode penyemprotan air dan pasir silika pada permukaan logam komponen kendaraan yang memilki profil lekukan atau bagian yang sulit di jangkau dengan metode pengamplasan manual. M Agus Shidiq selaku ka Lab Teknik Mesin yang ikut mendampingi proses perakitan alat.

Alat ini bisa memberikan kontribusi dengan jasa pembersihan logam untuk bengkel -bengkel , industri pembuatan sparepart, atau dapat juga di gunakan mahasiswa pada pembuatan sampel uji material. 

Dari segi ekonomis, alat ini jauh lebih murah dibanding alat fabrikasi dengan tujuan serupa yang mencapai duapuluh juta rupiah, sedang proses pembuatan alat ini menghabiskan dana 7 juta rupiah saja. Hasil pembersihan pada permukaan logam telah diuji kekasaran skala lab dan terbukti memiliki kemampuan pembersihan yang optimal. 

Litbang Kab Brebes memberikan Rekomendasi bagi Tim MEVABA untuk Lanjut ke KRENOVA Prov Jawa Tengah.(hid/adv).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar