Cimahi Luncrkan Sekolah Siaga Kependudukan Bonus Demografi

Cimahi Luncrkan Sekolah Siaga Kependudukan Bonus Demografi Dok SPN

SINAR PAGI NEWS, CIMAHI - Kependudukan merupakan masalah bersama yang membutuhkan peran serta dan kepedulian semua pihak. Sejalan dengan itu, sekolah sebagai satuan pendidikan menjadi wahana yang tepat untuk mensosialisasikan masalah kependudukan dimana guru sebagai tenaga kependidikan dapat memainkan peran strategis guna membentuk dan mengembangkan wawasan dan karakter calon generasi penerus bangsa melalui penyampaian materi tentang kependudukan kepada para peserta didiknya.

Demikian diutarakan Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana saat menghadiri pencanangan SMP Negeri 5 dan SMA Negeri 6 sebagai Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Percontohan di Kota Cimahi, bertempat di Aula Gedung A Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Cihanjuang, Cimahi Utara, Kota Cimahi pada Selasa (30/03).

Dikatakan Plt. Wali Kota Ngatiyana, pencanangan sekolah siaga kependudukan percontohan ini merupakan upaya pemerintah dalam menyikapi datangnya era bonus demografi di Indonesia yang ditandai dengan semakin tingginya persentase jumlah penduduk usia produktif (15 s/d 64 tahun). Bonus demografi ini harus disikapi secara cermat karena disaat bersamaan, masih banyak persoalan kependudukan yang menghambat proses pembangunan di Indonesia antara lain rendahnya tingkat pendidikan sebagian besar penduduk, tingginya laju pertumbuhan penduduk yang memicu pengangguran serta rendahnya kesadaran masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

“Jadi pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan ini pada dasarnya untuk mengerem yah, jangan sampai kependudukan ini terlalu padat sehingga menimbulkan banyak pengangguran karena lapangan kerjanya juga tidak ada. Ini akan membuat permasalahan baru apabila tidak ditanggulangi,” ujarnya.

Datangnya era bonus demografi ini harus diditindaklanjuti dengan penyiapan generasi muda yang berkualitas dan dapat bertransformasi menjadi angkatan kerja yang produktif sehingga mampu membawa berkah bukan malah menjadi bencana."imbuhnya"

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar