Idza Berharap KNPI Jadi Pelopor Pemuda Berprestasi Cinta Tanah Air

Idza Berharap KNPI Jadi Pelopor Pemuda Berprestasi Cinta Tanah Air Dok

SINAR PAGI NEWS, BREBES - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) merupakan wadah bagi para organisasi kepemudaan di daerah. Selain berkontribusi terhadap pembangunan, KNPI diharapkan jadi pelopor pemuda berprestasi yang menggelorakan cinta tanah air kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda di Kabupaten Brebes.

Demikian harapan Bupati Brebes Hj Idza Peiyanti SE MH saat menyampaikan sambutan Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Brebes periode 2021-2024, di gedung DPRD Brebes, Minggu (4/4).

"Segera berikan karya dan inovasi dalam pembangunan seperti di bidang olahraga, agar berprestasi dan mengharumkan Kabupaten Brebes serta tanamkan cinta tanah air," ucap Idza.

Dia menuturkan, beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Brebes melakukan kunjungan kerja ke Karangasem Bali untuk belajar tentang regulasi kepemudaan. Nantinya, semua kegiatan kepemudaan di Kabupaten Brebes akan diatur dalam Peraturan Daerah (Perda).

"Perda kepemudaan ini akan mengatur strategi pemuda untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah. Jadi semua kegiatan pemuda akan diatur dalam Perda," jelasnya.

Untuk itu, kata Idza, KNPI Brebes harus berkontribusi dengan meningkatkan kemampuan terutama sumber daya manusia. Bangun terus instesitas komunikasi dengan masyarakat maupun pemerintah daerah. Apalagi tantangan dinamika kehidupan semakin tidak ringan menghadapi bonus demografi.

“Lakukan evaluasi terhadap program yang ada. Temukan kelemahan dan masalah masa lalu, serta cari solusinya. Lahirkan program baru yang mampu memotivasi pemberdayaan anggota dalam kehidupan masyarakat di berbagai bidang,” tandasnya.

Lanjut Idza, generasi muda harus mampu mengaktualisasikan diri dalam bentuk sikap dewasa dan bertanggung jawab, antisipatif dan responsif terhadap perkembangan dan perubahan yang terjadi di sekitarnya, baik di skala besar maupun kecil.

"Saat ini Perda Kepemudaan sedang kita siapkan. Jika sudah diberlakukan, tentu akan menambah dorongan bagi pemuda untuk terus berinovasi,” pungkasnya.
Ketua KNPI Brebes Hendrik Maulana menyatakan, pihaknya siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Brebes untuk membangun karakter pemuda dalam upaya turut serta memajukan Brebes.

“Insya Allah, kami siap mengakomodasi seluruh Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) untuk berpartisipasi dalam menciptakan generasi muda yang berprestasi, berkualitas,” tuturnya.

Hendrik mengatakan, dalam waktu dekat akan mengakomodir para pemuda maupun berbagai organisasi kepemudaan untuk saling bersinergi. KNPI akan menjadi wadah para pemuda dan organisasi kepemudaan dalam keterlibatannya mendukung pembangunan di Kabupaten Brebes.
“Kami akan menjadi wadah para pemuda dari berbagai daerah agar kondusif dalam mendukung pembangunan. Kami akan satukan dengan payung KNPI, sehingga para pemuda tidak bercerai berai, tapi bersatu untuk membangun Brebes,” tandasnya.

DPD KNPI Brebes dilantik oleh Ketua DPD KNPI Jateng Tino Indra Wardono. Disaksikan perwakilan Forkopimda Brebes, Ketua Dekranasda Brebes Dr Drs H Warsidin MH, Kepala OPD Brebes terkait, Pembina DPD KNPI Brebes Wahyudin Nuraly, Ketua Majelis Pemuda Indonesia KNPI Brebes Haryanto serta ketua organisasi masyarakat dan kepemudaan se Kabupaten Brebes.(hid/was).

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar