Plt Wali Kota Cimahi Gelar Rapat Unsur SKPD Wujudkan Satu Data

Plt Wali Kota Cimahi  Gelar Rapat Unsur SKPD Wujudkan Satu Data Dok

SINARPAGI NEWS, CIMAHI - Menindaklanjuti amanat dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) telah membangun dan akan terus mengembangkan aplikasi Satu Data untuk menyediakan akses data sektoral yang disuplai oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di lingkungan Pemkot Cimahi.

Hal ini diutarakan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana, saat menghadiri Rapat Koordinasi Satu Data dan Evaluasi Open Data Kota Cimahi Tahun 2021. Kegiatan tersebut berlangsung pada Selasa (07/04), bertempat di Aula Gedung A Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Blok Jati Cihanjuang, Kota Cimahi.

Bertindak sebagai narasumber untuk materi diskusi dalam Rakor ini yaitu Toto Suharto, S.Kom., M.T, selaku Praktisi Tata Kelola Satu dan Interopabilitas Data dan Ida Ningrum, S.Si,.M.Pd dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat. Adapun para pesertanya sendiri adalah para kepala Sub-bagian program dan pelaporan dari seluruh SKPD di lingkungan Pemkot Cimahi.


Dikatakan Plt. Wali Kota Ngatiyana, berdasarkan Undang-Undang nomor 16 tahun 1997 tentang statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) adalah lembaga Negara yang diserahi tugas untuk mengelola dan menghimpun data statistik dasar di Indonesia. Sejalan dengan itu, dalam Peraturan Pemerintah nomor 51 tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik, dinyatakan bahwa tata cara penyelenggaraan survei statistik sektoral diatur dengan keputusan Kepala Badan Pusat Statistik.

Atas dasar itu, Pemkot Cimahi selaku salah satu penyelenggara survei statistik sektoral wajib memberitahukan rencana penyelenggaraan survei kepada BPS, mengikuti rekomendasi yang diberikan BPS, dan menyerahkan hasil penyelenggaraan survei yang dilakukannya kepada BPS. *Imbuhnya

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar