Polres Tasikmalaya Kota Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat

Polres Tasikmalaya Kota Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat Dok Puspen TNI

SINARPAGINEWS.COM, KOTA TASIKMALAYA - Bertempat di Mako Polres Tasikmalaya Kota, Plt. Wali Kota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf menghadiri Kegiatan Bhakti Sosial yang dilaksanakan oleh Polres Tasikmalaya Kota. Turut hadir Unsur Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, para Lurah, serta Tamu Undangan. Jum'at, 23 Juli 2021.

Plt. Wali Kota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf mengatakan kegiatan ini merupakan kebijakan Pemerintah Pusat untuk membantu Pemerintah Daerah dengan melibatkan TNI dan Polri untuk turun berbakti pada masyarakat. Dikarenakan Pemerintah Daerah terkendala keterbatasan dalam menyalurkan bantuan sosial dan vaksin, sehingga kita membutuhkan sinergitas dan harmonisasi antara Pemerintah Daerah dan Unsur Forkopimda. Dengan terlibatnya TNI dan Polri kita bisa membagi tugas dengan baik dan merata, dalam membantu kepada masyarakat secara langsung berupa bantuan sosial maupun vaksin.

"Pemerintah Daerah juga sedang fokus untuk memberikan bantuan sembako kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, kami terus turun kepada masyarakat untuk memberikan bantuan obat-obatankepada masyarakat secara langsung. Saya menghimbau untuk terus sosialisasi bahwa kita sedang berada di level 4 dan ini merupakan level yang kurang baik. Saya titip kepada masyarakat untuk terus mendisiplinkan Protokol Kesehatan, agar Kota Tasikmalaya bisa turun ke level 2." Ujarnya

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan menyampaikan untuk kegiatan hari ini kami melaksanakan 3 kegiatan secara paralel yaitu kegiatan Penyaluran Bantuan Sosial kepada masyarakat, Launching Gerai Vaksinasi Keliling, dan pelaksanaan Swab Antigen di Pasar Cikurubuk. Kegiatan ini sudah dilaksanakan dari beberapa waktu yang lalu dari mulai PPKM Darurat, hari ini diperkuat dengan kegiatan Bantuan Sosial yang kita laksanakan.

Hari ini kami mendistribusikan sebanyak 1300 sembako untuk masyarakat dan ini terus berlanjut, karna secara bertahap akan ada bantuan dari Pusat maupun dari TNI/Polri pada masyarakat yang terdampak. Setelah lebih 20 hari pelaksanaan PPKM Darurat dan sekarang berlanjut dengan PPKM Level, masyarakat secara ekonomi juga terdampak. Jadi disatu sisi kita melaksanakan penegakkan aturan PPKM, dan disisi lain kita juga melaksanakan Kegiatan Kemanusiaan dengan Bantuan Sosial kepada masyarakat yang terdampak.

Lebih lanjut, Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Ari Sutrisno menyebutkan Pemerintah sudah berupaya memberikan bantuan lewat semua jalur, baik BLT, BPT yang melalui Pemerintah Daerah, bantuan beras dari Polres, dan kami TNI juga melaksanakan distribusi bantuan berupa obat-obatan untuk pasien yang sedang isolasi mandiri.

Untuk bantuan obat-obatan sesuai dengan yang kami ajukan untuk di Kota Tasikmalaya dengan kebutuhan 1.400 paket, hari ini kami sudah terima bantuan obat gelombang pertama sebanyak 635 paket. Kami sudah koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan, untuk gelombang pertama kami akan distribusikan kepada pasien prioritas dengan usia 40 tahun keatas terlebih dahulu dan ini juga untuk warga yang kurang mampu.

Kami akan sosialisasiskan dan distribusikan ke koramil, kemudian koramil akan mendistribusikan ke puskesmas-puskesmas. Kami pihak TNI tidak memiliki kemampuan untuk assessment kesehatan dan tidak bertanggung jawab terhadap kesehatan atau perawatan pasien isoman, sehingga untuk obat-obatan ini kami hanya membantu menyalurkan, namun pada saat penyerahan pada pasien tentunya atas penilaian dokter dan ini yang kita tekankan kepada masyarakat.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar