Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Tandatangani KUA PPAS 2022

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Tandatangani KUA PPAS 2022 Dok

SINARPAGINEWS.COM, YOGYAKARTA – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, didampingi Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji, hadir mengikuti Rapat Paripurna DPRD DIY ke-23 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021 pada Rabu (01/09) di Gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro nomor 54 Yogyakarta.

Rapat Paripurna DPRD DIY kali ini diselenggarakan berdasarkan Keputusan Rapat Badan Musyawarah DPRD DIY (26/08) dengan agenda acara yaitu Laporan Badan Anggaran DPRD DIY atas Pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD DIY TA 2022, tersebut dalam Bahan Acara Nomor 17 Tahun 2021. Laporan disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai, S.H., M.KN.

Dalam pidato sambutannya, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan bahwa dengan telah disepakatinya Kebijakan Umum APBD DIY TA 2022 serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara TA 2022, maka eksekutif dan legislatif pada hakekatnya mempunyai tanggung jawab yang sama sesuai fungsi dan kewenangannya untuk mewujudkan keberhasilan pelaksanaan pembangunan pada Tahun 2022 di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Semangat untuk melaksanakan pembangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Tahun 2022, merupakan bentuk dari kesungguhan kita dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan titik fokus pada pengembangan SDM unggul dan sektor strategis untuk pemulihan sosial ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta,” tegas Sri Sultan.

Disampaikan informasi bahwa, pembahasan mengenai Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD DIY TA 2022 tersebut dalam Bahan Acara Nomor 17 TAhun 2021, dimulai sejak tanggal 8 Juli 2021, dalam forum Rapat Paripurna, Rapat Fraksi-Fraksi, Rapat Kerja Badan Anggaran dan Rapat Kerja Komisi-komisi, hingga pada saat ini telah memasuki Rapat Paripurna pada tahap II atau akhir.

Guna memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan, Permendagri Nomor 21 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah dan sebelum Rancangan Nota Kesepakatan antara Kepala Daerah dengan Pimpinan DPRD tersebut dalam Bahan Acara Nomor 17 Tahun 2021 ditandatangani dalam waktu bersamaan maka dibacakan terlebih dahulu naskah Rancangan Nota Kesepakatan dimaksud. Pada Rapur kali ini, Rancangan Nota Kesepakatan dimaksud dibacakan oleh Sekretaris Dewan, Haryanta, SH.

Setelah Rancangan Nota Kesepakatan tentang Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD DIY TA 2022 tersebut dalam Bahan Acara Nomor 17 Tahun 2021 selesai dibacakan dan disepakati bersama untuk ditetapkan menjadi Nota Kesepakatan, kemudian ditandatangani oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Pimpinan DPRD DIY, Nuryadi.

Dengan ditandatanganinya nota kesepakatan tersebut, maka Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD DIY TA 2022 secara resmi telah disepakati yaitu, dengan Nota Kesepakatan antara Pemda DIY dengan DPRD DIY Nomor 1 /KSP/IX/2021, Nomor 45 /K/DPRD/2021 tentang Kebijakan Umum APBD DIY TA 2022 dan Nota Kesepakatan Nomor 2 /KSP/IX/2021, Nomor 46 /K/DPRD/2021 tentang Prioritas Plafon Anggaran Sementara Anggaran APBD DIY TA 2022.

Selanjutnya, Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD DIY TA 2022 tersebut akan digunakan sebagai pedoman untuk menyusun Raperda tentang APBD DIY TA 2022. (SPN/DIY)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar