Desa Wedomartani, Percontohan dalam Pengedepanan Kaum Perempuan dan Anak

Desa Wedomartani, Percontohan dalam Pengedepanan Kaum Perempuan dan Anak

SINARPAGINEWS.COM,  SLEMAN - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka saat mengunjungi Desa Wedomartani di Sleman, D.I. Yogyakarta, Sabtu (9/10/2021). Foto: Azka/Man

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka mengatakan, Desa Wedomartani Sleman sudah sangat berkembang, baik itu dari sisi kearifan lokal dan juga program perlindungan perempuan dan anak. Desa ini selalu mengutamakan perempuan dan anak-anak dalam kegiatan positif.

"Semua kegiatan pelayanan masyarakat dan kegiatan pemahaman budaya selalu mengedepankan perempuan, dari mulai kearifan lokal-nya sampai ke tingkat pemahaman budaya," ucap Diah Pitaloka saat mengunjungi Desa Wedomartani di Sleman, D.I. Yogyakarta, Sabtu (9/10/2021).

Diah mengungkapkan, sampai sekarang Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) sifatnya masih koordinatif, maka dari itu peran Desa Wedomartani cukup menggambarkan KPPPA menjalankan tugasnya sampai ke tingkat Desa.

"KPPA benar-benar bisa mewarnai pemerintahan berjalan sampai ke tingkat yang terkecil. Banyak kegiatan yang berbasis desa yang belum bisa terealisasi. Walaupun Anggaran untuk KPPPA kecil, tetapi perhatian Komisi VIII DPR RI paling besar (kepada KPPPA). Ikatan kita dengan kementerian tersebut cukup erat sebagai komitmen kita untuk terhadap kelompok perempuan dan anak," ungkapnya.

Diah juga mengatakan bahwa kreativitas masyarakat desa ini bisa menjadi gagasan baru. "Gambaran, pola-pola kreatif yang ada di sini, semangat ini harus terus di jalankan untuk tidak ragu menempatkan kaum perempuan dan anak menjadi yang diutamakan. Kita melihat dari UMKM yang ada di sini bisa menjadi gagasan baru," tuturnya.

Dalam Kesempatan tersebut, Komisi VIII DPR RI menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dari Kementerian Sosial untuk masyarakat sebesar Rp230 juta untuk 130 anak. Disalurkan juga, bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk masyarakat yang aktif di dalam gerakan kaum perempuan dan anak berupa masker, kebutuhan khusus perempuan dan juga sabun sanitizer untuk membantu aktifitas di Desa. (spn/dwn)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar