Bupati : Mageri Segara Selamatkan Pantai Brebes

Bupati : Mageri Segara Selamatkan Pantai Brebes Ahmad spn

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Bupati Brebes Hj Idza Priyant SE MH mengaku senang dengan penanaman serentak pohon mangrove di sepanjang pantai Jawa Tengah oleh jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah. Seperti yang dilakukan oleh jajaran Kepolisian Resort (Polres) Brebes di Pantai Randusanga Indah (Par In), Selasa (12/10). 

 
Dengan penanaman mangrove, pelestarian alam dan lingkungan khususnya di wilayah pesisir pantai Brebes bisa terwujud. Sehingga mampu mengurangi dampak kerusakan alam akibat pasang air laut seperti abrasi dan banjir rob yang selalu menggenangi wilayah pesisir. Desa Rangdusanga Kulon, Randusanga Wetan dan sepanjang 63 pesisir pantai Brebes menjadi langganab banjir rob. 

 
“Mari menanam mangrove, agar ekosistem dan biota laut terselamatkan,” ajak Idza disela menanam Mangrove.

 
Idza percaya, dengan semakin banyak mangrove yang ditanam di wilayah pesisir, selain mampu menjadi pelestari lingkungan juga akan mempercantik eksotisme kawasan pesisir. Sehingga mampu menjadi daya tarik wisata seperti yang sudah ada sebelumnya yaitu Hutan Mangrovesari.

 
Kapolres Brebes Faisal Febriyanto menjelaskan, Mageri Segara digagas Kapolda Jawa Tengah sebagai upaya penyelamatan lingkungan melalui penanaman Mangrove. Kapolda juga mengemban misi untuk percepatan vaksinasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir.
 

Faisal berharap, Mageri Segara dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat karena kelestarian alam dapat terus terjaga dan terhindar dari abrasi dan rob. Mageri Segara di Kabupaten Brebes, rencananya akan dilakukan penanaman bibit Mangrove sebanyak 60 ribu batang secara bertahap sampai Desember 2021 mendatang.

 
Kapolres melihat, di beberapa daerah terjadi abrasi yang sangat parah, bahkan ada wilayah pesisir yang sudah tengelam karena abrasi. Untuk itu sebagai upaya pencegahanya seluruh elemen masyarakat harus bahu membahu melakukan pelestarian lingkungan. 
 

Tanam Mangrove juga dibarengi dengan percepatan vaksinasi bagi masyarakat Brebes di Balai Desa Rangdusanga Kulon dengan melibatkan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan setempat.

 
Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda AKBP Dr Warsidin MH, Komandan Kodim 0713/Brebes Letkol Arm Mohamad Haikal Sofyan dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes.

Editor: Dimas Madia

Bagikan melalui:

Komentar