PKS Muda Klaten Gelar Seminar Kepemudaan

PKS Muda Klaten Gelar Seminar Kepemudaan Dok Puspen TNI

SINARPAGINEWS.COM, KLATEN -  Sumpah pemuda menjadi batu loncatan besar dalam sejarah perjuangan dan perlawan bangsa Indonesia. Sebuah gerakan berbasis kebangsaan dan kesatuan ini selalu dikenang dengan adanya hari besar Sumpah Pemuda. Tidak ingin melewatkan momentum dan sekaligus menanam benih semangat nasionalisme layaknya gerakan pemuda pada tahun 1928 tersebut, PKS Muda Kabupaten Klaten, Sabtu (30/10) melaksanakan agenda seminar luar jaringan dan dalam jaringan bertempat di DPD PKS Kabupaten Klaten. Agenda ini dibuka dengan sambutan oleh ketua DPD PKS Kabupaten Klaten Ustadz Sri Martono.

Menggandeng ustadz sekaligus penulis kenamaan, Ustadz Solikhin, PKS Muda Kabupaten Klaten mengangkat tema “Know Yourself to Discover Your Contribution, Be Massive Be Impressive”. Agus Wibowo selalu ketua bidang kepemudaan PKS Kabupaten Klaten berpendapat bahwa tajuk yang diangkat harapannya bisa untuk memetakan potensi dan kontribusi para pemuda untuk kepentingan umat, bangsa dan negara. Ustadz Solikhin merefleksikan kondisi yang semakin hari semakin pelik ditambah pula kondisi diluar dugaan seperti pandemi ini menjadi tantangan luar biasa untuk semuanya. Beliau mengajak para pemuda untuk dapat menemukan potensi diri agar mampu survive dan tentunya berkontribusi pada sesama ditengah kondisi hidup.

“Zaman sudah semakin berubah. Banyak tantangan dari luar maupun dalam diri. Mari kita terus menemukan potensi diri kita agar mampu survive dan terus berkontribusi bagi nusa dan bangsa,” kata Solikhin.

Energi emosional, energi fisik dan energi spiritual dibutuhkan oleh para pemuda untuk mensukseskan peran mereka dalam kontribusi bermasyarakat. Potensi yang ada disetiap diri pemuda Indonesia khususnya pemuda Kabupaten Klaten diharapkan bisa diambil untuk kemanfaatan yang luas. Hal tersebut menurut beliau bisa dilakukan dalam beberapa langkah: menang prinsip, menang ide, menang bahasa positif, menang sikap, menang cara yang selalu inovatif, menang proses dan menang hasil produktif. Itulah langkah jitu yang bisa digunakan menurut Ustadz Solikhin.

“Untuk meraih prestasi di tengah masyarakat harus dilakukan dengan beberapa langkah. Yakni diantaranya menang prinsip, menang ide, menang bahasa positif, menang sikap, menang cara yang selalu inovatif, menang proses dan menang hasil produktif,” tambah Solikhin.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwasannya pemuda harus bisa mengubah dari mager menjadi seger (segar). Sifat seger ini menjadi salah satu kunci yang bisa digunakan oleh para pemuda. Dipadukan dengan utilitas pemuda yang bahwasannya pemuda itu harus mampu menjadi generasi penerus, generasi perubah, generasi pengganti serta generasi pelopor sifat seger ini bisa dijadikan sebagai usaha dakwah oleh pemuda islam, karena dakwah itu seperti orang yang sedang memancing, harus mampu memberi apa yang dibutuhkan.

Agenda yang dihadiri oleh puluhan banyaknya peserta ini diakhiri dengan sesi tanya jawab. Antusiasme pemuda dalam kegiatan PKS Muda Kabupaten Klaten ini mampu memberi nafas segar terhadap masa depan umat dan bangsa ini. Masih ada pemuda dan partai yang peduli dengan masa depan agama serta negara dengan cara memupuk pemuda melalui agenda produktif dan progresif seperti ini. Semoga makin banyak agenda yang sama dalam upaya perbaikan masyarakat.(spn/pks)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar