Wabup Sukabumi harapkan Petani milenial jadi Trigger RPJMD

Wabup Sukabumi harapkan Petani milenial jadi Trigger RPJMD Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI - Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menerima kunjungan dari tim sosialisasi program petani milenial Jawa Barat ke Pendopo, Rabu, 17 November 2021. Kunjungan tersebut dalam rangka sosialisssi program petani milenial Provinsi Jawa Barat tahun 2021.

Kepala Biro Perekonomian Jawa Barat Beni Bachtiar mengatakan, kehadiran ke Kabupaten Sukabumi untuk berkolaborasi. Sehingga, titik akhirnya terwujud swasembada pangan di Jabar. "Kabupaten Sukabumi merupakan daerah ke-13 yang dikunjungi. Hadir ke Sukabumi untuk berkolaborasi sehingga tercapai persamaan persepsi dan visi dalam sektor pertanian," ujarnya.

Menurutnya, program petani milenial muncul akibat dampak pandemi covid 19. Dimana, pangan tidak terkoreksi selama pandemi covid 19. "Sejumlah sektor yang bertahan selama pandemi ialah teknologi informasi, kesehatan, dan pertanian. Sehingga, muncul program pertanian milenial," ucapnya.

Apalagi, lahan pemerintah cukup banyak yang bisa digarap untuk pertanian. Terutama lahan-lahan yang menganggur. "Pak Gubernur berpikir, lahan nganggur itu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pertanian di Jabar," ungkapnya.

Menurutnya, terdapat tujuh poin dalam suksesi petani milenial. Hal itu mulai dari penyiapan lahan, SDM, akses pasar, akses permodalan, teknologi pertanian, pelatihan, dan inkubasi bisnis. Dalam hal ini, dirinya mrngajak Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk berkolaborasi. Terutama dari sisi penyiapan lahan dan SDM. "Dari tujuh poin ini, biarkan kami yang menyiapkan lima poin. Sementara Kabupaten Sukabumi, kami meminta untuk penyiapan lahan dan SDM," bebernya.

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengatakan, program tersebut sangat bagus dan tepat. Terutama bagi Kabupaten Sukabumi yang RPJMD nya di sektor pertanian dan pariwisata. "Ini bisa menjadi trigger dalam meningkatkan akselerasi RPJMD," terangnya.

Apalagi, potensi petani milenial sangat banyak di Kabupaten Sukabumi. Bahkan dalam program lain di Kabupaten Sukabumi, tercatat 13 ribu petani milenial. "Potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi ini bisa lebih diberdayakan," pungkasnya.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar