Target KIA di Kab.Sukabumi : Hingga Akhir Tahun Optimis 40 Persen Anak Memiliki KIA

Target KIA di Kab.Sukabumi : Hingga Akhir Tahun Optimis 40 Persen Anak Memiliki KIA Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM,  SUKABUMI, - Pencapaian target penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) akhir tahun di Kabupaten Sukabumi, optimis bisa mencapai 40 persen dari jumlah anak saat ini 779.651 jiwa. Target tersebut melebihi target Nasoioanl, karena diharapkan memiliki tabungan untuk pencapaian ditahun berikutnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi Ida Widayati, di Kantornya Jl. Raya Rambaya No. 70 Cisaat Sukabumi, Jum’at (19/11/2021).

Menurut Ida, hingga 15 November 2021 Disdukcapil sudah menerbitkan 229.244 KIA, atau 29,40 persen dari jumlah anak di Kabupaten Sukabumi. “Berbagai uapaya kami lakukan, diantaranya kerjasama dengan Disdik dan Kemenag Kabupaten Sukabumi dalam penggunaan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Polanya tingkat PAUD, TK, SD/MI dengan pengajuan pemberkasan, sedangkan tingkat SLTP melalui operator sekolah,” tegas Ida Widayati.

Langkah lainnya, masih menurut Ida, dengan melakukan pelayanan proaktif menerbitkan KIA tanpa pemberkasan, khusus anak usia 0 sampai 4 tahun. Pola tersebut dilakukan dengan mengambil data anak secara acak dalam sistem untuk tiap desa “Lewat pelayana ini kami sudah menerbitkan 130 ribu KIA, dari 381 desa dan 5 kelurahan. Hasilnya sudah didistribusikan sejak bulan Maret 2021,” ungkap Ida.

Lebih jauh Ida menambahkan, manfaat KIA selain untuk pemutahiran data juga memberikan perlindungan kepada anak, pemenuhan hak konstitusi anak, juga memberikan kebahagiaan lebih kepada anak. “Kami melakukan kemitraan dengan pihak swasta atau pengusaha yang disebut Mitra KIA. Dalam kerjasama ada kesepakatan diantaranya memberikan potongan harga kepada anak yang memiliki KIA. Hal ini sebagai uapaya untuk memberikan kebahagiaan lebih kepada anak, “ ucap Ida Widayati mengakhiri percakapan.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar