Keamanan dan Ketertiban Perlu Dukungan Ormas

Keamanan dan Ketertiban Perlu Dukungan Ormas Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM,BREBES - Keamanan dan ketertiban perlu dukungan organisasi masyarakat (Ormas). Untuk itu, perlu koordinasi dengan berbagai pihak terkait, demi terciptanya kondusifitas di Kabupaten Brebes. Sehingga berbagai masalah yang timbul bisa diatasi bersama, dan ormas sangat diperlukan untuk berperan serta mendukungnya.

Demikian disampaikan Plt Asisten Sekda bidang Pemerintahan Drs Khaerul Abidin MM saat membuka kegiatan peran serta ormas dalam mendukung keamanan dan ketertiban di Kabupaten Brebes di Hall Hotel Dedy Jaya, Brebes, Kamis (25/11).

Kata Khaerul, ormas perlu mendapat pembinaan dan pengawasan secara masif agar tidak keluar dari koridor prinsip keorganisasian. Diharapkan, ormas yang ada di Kabupaten Brebes menjalankan organisasinya sesuai dengan hak dan kewajibannya sesuai dengan AD/ART Ormas yang bersangkutan. Oleh karena itu, jalinan kerja sama yang baik antara ormas dan pemerintah daerah perlu diperkuat untuk mencapai cita-cita pembangunan.
Dalam menjalankan peran sebagai sosial kontrol, ormas juga harus mampu menciptakan harmonisasi sesama organisasi, agar tidak terjadi perselisihan. Ormas hendaknya menjadi juru damai dan penjaga keamanan dari kemungkinan konflik-konflik antar kepentingan dalam masyarakat.

Khaerul menyakini, dengan adanya silaturahmi saat ini, dapat menguatkan kembali komitmen bersama antara Pemerintah Kabupaten, TNI, Polri, ormas serta unsur masyarakat lainnya agar senantiasa menciptakan kondisi kemanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kabupaten Brebes.
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Brebes Mohammad Sodiq mengatakan, ormas harus waspada dengan masuknya paham atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Ormas harus membentengi diri dari pengaruh radikalisme dalam kehidupan sehari-hari dan dunia maya.

Kata Sodik, menjelang pemilu 2024 pihaknya mengundang perwakilan ormas untuk menerima pencerahan dari narasumber agar saling akur demi terciptanya keamanan dan ketertiban.
Kegiatan diikuti perwakilan organisasi kemasyarakatan se Kabupaten Brebes dengan nara sumber dari FKUB, Kodim 0713/Brebes, Polres Brebes, dan Kejaksaan Negeri.(hid/gus)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar