Jelang Akhir Tahun 2021, Jembatan Penghubung Gili Ree - Gili Beleq Diresmikan

Jelang Akhir Tahun 2021,  Jembatan Penghubung Gili Ree - Gili Beleq Diresmikan Dok Puspen TNI

SINARPAGINEWS.COM, LOTIM - Jelang akhir tahun 2021 ini jembatan penghubung antara Gili Beleq dan Gili Ree, Desa Paremas, kecamatan Jerowaru diresmikan. Jembatan senilai Rp. 2,5 milyar bersumber dari APBD Lombok Timur tersebut dikerjakan mulai 10 Juni hingga 10 November 2021.

Jembatan penghubung antara kedua gili itu guna menjawab kebutuhan masyarakat setempat, utamanya akses pendidikan bagi anak-anak usia sekolah. Bukan siswa sekolah saja, seluruh lapisan masyarakat Gili Beleq dan Gili Ree turut menyambut antusias keberadaan jembatan tersebut.

Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy pada acara peresmian jembatan penghubung antara Gili Beleq dan Gili Ree dan Peresmian Rumah Layak Huni (RLH) yang berlangsung Rabu (22/12) tersebut menyampaikan dengan adanya jembatan tersebut tidak ada lagi anak-anak yang berenang atau menenteng sepatunya ke sekolah karena harus melintasi Selat. Diharapkan jembatan tersebut dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama oleh masyarakat. Karena itu ia mengingatkan konstruksi jembatan hanya untuk pejalan kaki atau sepeda, bukan kendaraan bermotor. “Mohon kiranya jangan dilewati kendaraan seperti sepeda motor atau roda empat. Cukuplah jembatan ini dilewati oleh manusia atau maksimal sepeda sehingga, manfaatnya dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama,” ungkapnya.

Selain jembatan, di Gili Ree pemda Lombok Timur juga melakukan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi rumah layak huni (RLH) sebanyak 14 unit. Sementara tahun 2022 mendatang direncanakan 30 unit RTLH di Gili Beleq akan direhab.

Sementara itu Kapolda NTB IrjenPol Muhammad Iqbal mengapresiasi terwujudnya jembatan penghubung dua gili serta dilakukannya rehabilitasi RTLH. Ia mengaku merasa bangga dan terhormat karena dilibatkan dalam kegiatan peresmian tersebut di penghujung masa pengabdiannya di NTB.

Peresmian jembatan ditandai penandatanganan prasasati oleh Kapolda dan Bupati. Pada kesempatan tersebut dilakukan pula penyerahan RLH secara simbolis oleh Bupati.

Ketua Bhayangkari Ny. Nindya M. Iqbal yang turut dalam rombongan Polda NTB menyerahkan bantuan buku pelajaran SD, SMP, Al-Quran, IQRA, buku bacaan, dan masker kepada kepala wilayah Gili Ree.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar