Pendopo Bumiayu, Kado Terindah Buat Masyarakat Brebes

Pendopo Bumiayu, Kado Terindah Buat Masyarakat Brebes Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Peresmian Pendopo Bumiayu, Kabupaten Brebes merupakan kado terindah untuk masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Brebes. Pasalnya, dipersembahkan bertepatan dalam momentum rangkaian peringatan Hari Jadi ke-344 Kabupaten Brebes. Artinya, masyarakat bisa mendapatkan manfaat untuk berbagai kegiatan yang positif terutama bagi warga masyarakat Brebes wilayah Selatan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat meresmikan Pendopo Bumiayu yang merupakan revitalisasi eks Kawedanan Bumiayu, Kamis (20/1).

Kata Idza, Pendopo Bumiayu belum diberi nama karena masih menunggu masukan dari berbagai pihak sehingga penandatanganan prasasti masih dikosongkan, nama pendoponya.

“Mudah-mudahan, pendopo ini dalam waktu dekat bisa dikasih nama,” kata Idza.

Idza mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Pendopo Bumiayu namun harus sama-sama merawat, sehingga nilai manfaatnya bisa lebih awet. Karena pada hakekatnya Pendopo Bumiayu untuk mempermudah pelayanan masyarakat di Wilayah Selatan Brebes.

Peresmian diawali persembahan Tari Bungo Juempa oleh siswa SD N Kaliwadas 01. Juga persembahan Tembang Ibu Wanita Teranggun dan Brebes Mulia oleh Pursan Entertainment.

Kepala DPU Brebes Sutaryono mengatakan, dibangun di atas lahan seluas 4.920 meter persegi dengan luas bangunan 1.290 meter persegi menelan anggaran mencapai Rp 10 miliar dari APBD Kabupaten Brebes. Waktu pelaksanaan 158 hari kalender, mulai 22 Juni - 31 Desember 2021.
Ada berbagai fasilitas Pendopo Bumiayu diantaranya gedung 2 lantai untuk hall berkapasitas 150-200 orang dan 8 kamar penginapan. Untuk bangunan pendopo berkapasitas 200-250, rumah dinas bupati, musholah, perpustakaan, pos satpan, toilet umum, taman dan perpustakaan. Juga ada lapangan tenis, dan rehab ringan mall pelayanan.

Taryono mengatakan, masih ada penambahan pekerjaan lainnya yakni pagar dan halaman dengan luas 2.200 meter persegi, penerangan, pengecatan, taman, ruang terbuka hijau, kemudian drainase.(hid/was)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar