Sah, SEPEDAHANYU Jadi Layanan Pendukung Program Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta)

Sah, SEPEDAHANYU Jadi Layanan Pendukung Program Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta) Dok

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU– Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu bekerjasama dengan Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Indramayu melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Program Indramayu Cepat Tanggap ( I-Ceta ).

Sosialisasi tersebut ditujukan kepada peserta yang berasal dari perangkat daerah, kecamatan, puskesmas, BUMD, RSUD, desa atau kelurahan. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dari tanggal 11 – 18 April 2022.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfo Indramayu Anri Heriyanto yang tampil sebagai salah satu narasumber pada kegiatan ini memaparkan Program I-Ceta baik alur penerapan I-Ceta sampai dengan cara melaporkan program I-Ceta dalam aplikasi.

Untuk mendukung program I-Ceta dalam menindaklanjuti laporan warga, kini telah dibuat aplikasi Sistem Penginputan Data Keluhan Indramayu (SEPEDAHANYU). Aplikasi SEPEDAHANYU bertujuan meningkatkan pelayanan prima khususnya dalam hal layanan aduan masyarakat sebagai bagian dari optimalisasi I-Ceta.

Menurutnya, layanan I-Ceta merupakan program unggulan Bupati Indramayu dalam memberikan pertolongan atau tindakan cepat bagi permasalahan kemanusiaan dan kedaruratan yang terjadi di tengah masyarakat.

“I-Ceta menjadi satu di antara 10 program unggulan Bupati Indramayu yang sejauh ini telah memberikan manfaat dan dampak positif dalam pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, dengan adanya aplikasi SEPEDAHANYU setiap petugas atau admin I-Ceta yang berada di masing-masing perangkat daerah, kecamatan, RSUD, BUMD dan desa/kelurahan dapat menginput pengaduan masyarakat .

“Sekarang Petugas atau admin I-Ceta yang ada di Perangkat Daerah, terkait laporan pengaduan masyarakat dapat menggunakan aplikasi *SEPEDAHANYU. Dengan aplikasi ini akan diketahui berapa jumlah pengaduan yang masuk serta pengaduan apa saja yang sering disampaikan masyarakat serta Perangkat Daerah mana saja yang sering mendapatkan pengaduan,” jelas Anri

Di kesempatan yang sama narasumber dari Bjb Cabang Indramayu Fani Naftalena menyampaikan materi tentang Etika Menerima pengaduan masyarakat. Dalam paparannya, pelayanan prima yang dapat menimbulkan kesan positif dan membentuk citra yang baik bagi masyarakat terdapat pada 4 Faktor yang mempengaruhi dalam pelayanan prima bagi petugas atau admin I-Ceta yaitu kepribadian, sikap perilaku, komunikasi dan penampilan.

Selain itu diterangkan bagaimana cara melayani pengaduan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam bagian akhir paparannya Fani menerangkan 4 cara untuk mengukur kepuasan atas layanan yaitu sistem keluhan dan saran, mystery shopper, Analisis Pengaduan serta kepuasan masyarakat.(Har/SPN-IM)

Editor: Haris Rojangi

Bagikan melalui:

Komentar