25 Bakal Calon Kades Di 4 Desa Di Brebes Ikuti Tes Tertulis

25 Bakal Calon Kades Di 4 Desa Di Brebes Ikuti Tes Tertulis Red

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades ) serentak gelombang tiga di Kabupaten Brebes dimulai.  Saat ini  ada 25 orang sedang melakukan seleksi tes tertulis bakal calon kepala desa yang dilakukan oleh tim independen dari Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal. Kegiatan tes tertulis dilaksanakan di ruang MKU Fakultas, Selasa (26/4/22). 

Dekan Fakultas Hukum UPS Dr. Achmad Irwan Hamzani SH.,MAg melalui Siswanto, SH.,MH mengatakan, Untuk kegiatan hari ini merupakan Tes tertulis dengan jumlah soal sebanyak 100 soal dengan waktu dua jam. Untuk materi meliputi pengetahuan umum SMP, undang undang 23/14, undang undang desa dengan PP nya. Sementara untuk penilaian, pihak tim independent ini akan mengoreksi kemudian dikolaborasi dengan tim penilai panitia desa (pengalaman dan nilai ijazah). 

Siswanto menambahkan, pihaknya berharap kegiatan seleksi bakal calon Kepala Desa berjalan lancar dan transparan. Hasil pengumuman tes tertulis ini akan langsung keluar dan diserahkan kepada Dispermades kemudian segera nanti akan diteruskan ke panitia pilkades ditingkat desa masing masing. 

"Nantinya hasil tes ini menjadi dasar penetapan  Calon Kepala Desa oleh Panitia Pilkades," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dispermades Kab Brebes Subagyo, SH.,SIP mengatakan, hari ini adalah salah satu tahapan pilkades serentak gelombang ketiga Kab Brebes, yaitu tes seleksi bagi bakal calon kepala desa yang jumlah calon kepala desanya lebih dari 5 orang. 

" Hari ini 25 orang ikut seleksi tes tertulis. Dari 4 Desa yakni Desa bantarwaru kec bantarkawung 6 orang, Desa janegara kec Jatibarang 6 orang, Desa linggapura kec Tonjong 6 orang dan Desa Slatri kec larangan 7 orang. " Kata Subagyo. 

Setelah tahapan ini, maka besok akan dilanjut dengan tahapan penetapan bakal calon menjadi calon kepala desa sekaligus pengundian nomor urut. Selanjutnya nanti pelaksanaan pemungutannya tanggal 18 Mei 2022.

Sementara itu, salah satu bakal calon kepala desa Linggapura yang mengikuti tes yakni Romdon mengaku bisa menyelesaikan dalam waktu 1,5 jam. Didesanya sendiri, kata dia, ada 6 bakal calon kepala desa yang ikut pilkades serentak gelombang tiga kab brebes ini. (Hid/spn). 

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar