Pastikan Kelayakan Penjamin Pembimbing Kemasyarakatan

BAPAS Kelas I Semarang Lakukan Kunjungan Rumah

BAPAS Kelas I Semarang Lakukan Kunjungan Rumah Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG - Sri Ety Prihartiningsih (Pembimbing Kemasyarakatan BAPAS Semarang) telah melakukan tugas Penelitian Kemasyarakatan. Setelah PK mengadakan penggalian data kepada WBP perkara Narkotika di LAPAS Kelas I Semarang secara daring , kemudian PK mengunjungi rumah penjamin dalam rangka memastikan kelayakan penjamin terkait klien (inisial FM) yang saat ini sedang menjalani Pembinaan di LAPAS Semarang yang akan diusulkan program Pembebasan Bersyarat (PB) dan apakah penjamin yang ditunjuk betul-betul keluarganya atau orang lain. (13 April 2022).

Pada kesempatan tersebut Pembimbing Kemasyarakatan meminta informasi pihak kelurahan tentang perilaku WBP sebelum masuk LAPAS dan meminta pendapat apabila WBP tersebut diusulkan program Pembebasan Bersyarat (PB). Setelah Pembimbing Kemasyarakatan memverivikasi bahwa penjamin adalah ayah kandung klien dan sesuai dengan KTP dan Kartu keluarga sehingga memenuhi syarat untuk ditunjuk sebagai penanggungjawab apabila FM menjalani program Integrasi (sudah Sesuai Peraturan Menteri Hukum Dan HAM RI Nomor : 03 Tahun 2018 dalam BAB I Pasal 1 point 7) .

Pada kesempatan tersebut PK memberi penjelasan kepada penjamin tentang tugas-tugas apabila FM menjalani Program Integrasi , kemudian PK menyerahkan Surat –surat yang perlu ditandatangani penjamin dan pihak Kelurahan sebagai data dukung Litmas yang akan dibuat .

Laporan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas ) merupakan salah satu syarat untuk pengusulan program Pembebasan Bersyarat (PB) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan . Karena program re –integrasi sosial merupakan hak setiap Warga Binaan Pemasyarakatan sepanjang memenuhi persyaratan substantif dan Administratif.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar