Ramadhan 2022, Napi Lapas Semarang Khatam Al-Quran Sebanyak 2 Kali

Ramadhan 2022, Napi Lapas Semarang Khatam Al-Quran Sebanyak 2 Kali Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang sangat antusias menjalani ibadah Ramadhan. Setiap hari mereka meluangkan waktu untuk bertadarus dan mengaji bersama hingga dapat khatam Alquran sebanyak dua kali. Lantunan ayat suci Alquran terdengar mengalun merdu dari 30 narapidana yang bertadarus bersama sejak awal Ramadhan. Kegiatan ini digelar setiap malam setelah sholat tarawih berjamaah di Masjid At-Taubah Lapas Semarang.

Melewati bulan Ramadan di balik dinginnya jeruji besi tentu bukan hal mudah bagi mereka. Kerinduan dengan keluarga sudah tidak terbendung lagi, apalagi di masa pandemi ini tidak bisa dikunjungi secara langsung oleh keluarga maupun kerabat.

Oleh karena itu, untuk mengisi hari-hari di lapas, mereka memaksimalkan ibadah menjadi solusi yang tepat untuk menenangkan hati dan pikiran.
"Alhamdulillah, kami bersyukur diberi fasilitas untuk bisa tadarus dan menjalankan ibadah Ramadan, hingga kami dapat khatam sebanyak dua kali," ungkap Nuryanto narapidana kasus perlindungan anak saat khatam Alquran, Sabtu malam (30/04).

Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji mengatakan bahwa tadarus Alquran secara bersama ini menjadi sarana bagi narapidana untuk bertobat dan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT."Selama Ramadhan tahun ini, 30 narapidana yang rutin tadarusan setiap malam hari telah merampungkan dua kali khatam Alqur'an," jelas Tri Saptono.

Setiap khatam, narapidana menyantap ayam ingkung dan nasi tumpeng sebagai wujud rasa syukur berdoa bersama.
"Harapannya ini mejadi sarana menambah keimanan dan ketaqwaan mereka. Begitu bebas nanti, mereka menjadi pribadi yang sholeh dan mempertahankan keimanannya," harapnya.

Lebih lanjut, narapidana yang khatam Alquran ini kedepannya akan membantu Takmir Masjid At-Taubah menjadi tenaga pengajar Iqro bagi narapidana lainnya. Selanjutnya bagi yang baru tuntas bacaan iqro diwajibkan melakukan bacaannya sampai bisa khatam Alquran.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar