Pemberian Bimbingan Konseling Psikososial Oleh Psikolog bagi Klien Bapas Kelas I Semarang

Pemberian Bimbingan Konseling Psikososial Oleh Psikolog bagi Klien Bapas Kelas I Semarang Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG -Bertempat di Balai Pemasyarakatan Kleas I Semarang, Kepala Bapas Kelas I Semarang ibu Dr. Lilis Yuaningsih,SE. SH. M. Si, Menerima Perwakilan dari Pengurus Kelompok Masyarakat Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa tengah yang beralamat di Jl. Jembawan Raya No.8, Kalibanteng Kulon, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50146. Maksud dan dan Tujuan Kedatangan PKBI Jawa Tengah tersebut untuk menindak lanjuti Perjanjian Kerjasama antara kedua belah pihak, Kamis (12 Mei 2022).

Dalam Salah Satu perjanjian yang disepakati adalah Pihak PKBI Jawa Tengah membantu Bapas Kelas I Semarang dalam menyelenggarakan Bimbingan Kepribadian berupa konseling kepada Klien Pemasyarakatan Bapas Kelas I Semarang. Kegiatan yang akan diberikan kepada klien Bapas Semarang tersebut berupa konseling psikososial untuk membantu klien memecahkan permasalahannya yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, dan perilaku yang dipengaruhi orang-orang sekitarnya.

Kegiatan Konseling Psikososial tersebut akan dilakukan oleh Psikolog PKBI Jateng untuk klien pemasyarakatan Bapas Kleas I Semarang yang dilaksanakan setiap Hari Kamis Pagi Mulai Pukul 09:00 WIB s.d. Pukul 12:00 WIB bertempat di Ruang Konseling Kantor Bapas Semarang. Bagi Pembimbing Kemasyarakatan yang kliennya mengalami permasalahan Kesehatan mental atau jiwanya dapat dilayani oleh psikolog tersebut pada waktu yang telah ditentukan. Psikolog tersebut direncanakan akan diikutkan kegiatan TPP Bapas Semarang yang diselenggarakan setiap hari Kamis untuk membantu memberikan pertimbingan psikologi bagi klien yang mengalami permasalahan kesehatan mental atau jiwanya.

Kepala Bapas Kelas I Semarang ibu Dr. Lilis Yuaningsih,SE. SH. M. Si, mengharapkan agar klien yang dibimbing oleh Pembimbing Kemasyarakatan dapat dilayani secara optimal oleh Psikolog / Konselor professional dalam pemberian pelayanan bimbingan bagi klien pemasyarakatan khususnya yang mengalami problem Kesehatan mental dan jiwanya.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan konseling tersebut dapat meningkatkan hubungan Kerjasama antara Bapas Kelas I Semarang dengan Pokmas Khususnya PKBI Jawa Tengah. Dalam Pertemuan Tersebut Kepala Bapas didampingi Oleh Pembimbing Kemasyarakatan Madya Catur Yuliwiranto.

Catur Yuliwranto melihat bahwa bimbingan konseling Psikososial sangat dibutuhkan bagi klien pemasyarakatan yang notabene Narapidana yang sedang menjalani program Integrasi berupa Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat dan Cuti Menjelang Bebas serta klien yang sedang menjalani Pidana Dengan Syarat dan Diversi. Seringkali klien pemasyarakatan mengalami problem stigma, labeling, dan terisolasi dari masyarakat, sehingga kondisi tersebut mempengaruhi Kesehatan mental klien tersebut.

Keberadaan konselor professional atau psikolog tersebut dapat membantu meyelesaikan permasalahan klien tersebut. Pemberian Konseling Psikososial tersebut juga merupakan pelaksanaan peraturan perundang-undangan diantaranya Undang- Undang No 12 Tahun 1995 dan Peraturan Pemerintah No 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan.

Kepala Bapas Dr. Lilis Yuaningsih dan Pembimbing Kemasyarakatan Madya Catur Yuliwiranto mengharapkan kegiatan Konseling psikososial tersebut dapat berjalan secara berkelanjutan. Sehingga, pelayanan klien dan keluarganya dapat berjalan secara optimal dalam rangka memulihkan klien pemasyarakatan dalam menjalani hidup, kehidupan dan penghidupannya dan mengurangi tingkat residivis klien yang bersangkutan

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar