Bupati Garut Lantik Natsir Alwi Sebagai Kadisdukcapil Garut

Bupati Garut Lantik Natsir Alwi Sebagai Kadisdukcapil Garut Ahmad spn Bupati Garut, Rudy Gunawan melantik Natsir Alwi sebagai Kepala Disdukcapil Kabupaten Garut dalam apel gabungan terbatas, di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda), Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (20/6/2022).

SINARPAGINEWS.COM, GARUT – Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 821.22 –1347 Tahun 2022 Tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut, Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan pengambilan sumpah jabatan Natsir Alwi sebagai Kepala Disdukcapil Kabupaten Garut, dalam kesempatan apel gabungan di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda), Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (20/6/2022).

Dalam pengantar sumpah jabatan Kadisdukcapil Garut ini, Rudy mengungkapkan, saat ini Kabupaten Garut memiliki masalah penilaian pelayanan publik yang masih belum baik. Bupati bahkan menyebutnya sebagai situasi darurat.

“Kita sekarang punya masalah, pelayanan publik yang menuju kepada situasi yang darurat, karena kita pelayanan publik oleh ombudsman dalam kategori kuning menuju ke merah,” ucap Bupati Garut.

Ia berharap, Disdukcapil sebagai salah satu bagian pelayanan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, dapat mempunyai strategi untuk meningkatkan pelayanan yang bisa memberikan kepuasan kepada masyarakat.

“Ingat pasal yang ada dalam undang-undang 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, saya juga berharap identifikasi masalah di Disdukcapil tidak pernah terdeteksi dan diselesaikan dengan baik,” tegasnya.

Rudy menuturkan, pihaknya mempunyai anggaran yang cukup untuk pelayanan publik di Kabupaten Garut yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Ia menyampaikan, setiap tahunnya di Kabupaten Garut ada kurang lebih 50 ribu bayi lahir dan membutuhkan administrasi kependudukan.

“Perlu administrasi kependudukan berapa akta lahir, ada dari (masyarakat berumur) 16-17 tahun mungkin tahun yang lalu sekitar 30 atau 35 ribu orang membuat KTP baru, memperbaiki kartu keluarga, dan lain sebagainya,” ucapnya.

Terakhir, ia berpesan kepada Kadisdukcapil Garut agar bisa menyelesaikan permasalahan terkait pelayanan publik di Disdukcapil Garut dengan mengedepankan 7 (core) values dalam ASN BerAKHLAK.

Sementara itu, Kadisdukcapil Garut yang baru saja dilantik, Natsir Alwi mengatakan dirinya akan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab bertanggungjawab terhadap amanat dari Bupati Garut, khususnya terkait pelayanan publik di Kabupaten Garut dengan sebaik-baiknya.

“Dan sebagaimana tadi diamanatkan oleh Pak Bupati saya akan prioritaskan yang menjadi amanat beliau, bagaimana pelayanan Disdukcapil ini harus ditingkatkan dan tidak boleh lagi ada penumpukkan warga masyarakat,” ucapnya.

Ia berharap, ia dapat bersama-sama dengan seluruh pegawai di Disdukcapil Garut untuk fokus memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga Kabupaten Garut.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar