DPR RI Akan Gelar "P20 Friendship Ride and Fun"

DPR RI Akan Gelar "P20 Friendship Ride and Fun" Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Menyambut momentum Parliamentary Speakers' Summit (P20) sebagai bagian dari rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Oktober 2022 mendatang, DPR RI melalui Sekretariat Jenderal DPR RI menggelar pekan P20 Friendship Ride and Fun DPR RI di Kompleks Parlemen, Minggu (4/9/2022) ini. Bersepeda dan berlari menjadi agenda sosialisasi untuk menyemarakkan kesiapan DPR RI sebagai tuan rumah P20.

“DPR RI sebagai lembaga legislatif ikut berperan dalam menyukseskan Presidensi Indonesia di G20 melalui P20. Penyelenggaraan P20 yang merupakan forum ketua parlemen negara-negara G20 akan menjadi momentum dalam memperkuat kolaborasi untuk menghadapi tantangan global pada masa yang akan datang,” ungkap Puan dalam keterangan pers Jumat (2/9/2022).

P20 dengan tema ‘Stronger Parliament for Sustainable Recovery’ sejalan dengan tema Presidensi G20 yaitu ‘Recover Together, Recover Stronger’. Sehingga, politisi PDI-Perjuangan DPR RI itu menjelaskan sejumlah isu prioritas yang menjadi sorotan. Di antaranya, akselerasi pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, ketahanan pangan dan energi serta tantangan ekonomi, kemudian mengenai parlemen yang efektif dan demokrasi dinamis, hingga soal inklusi sosial, kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan.

Tidak hanya itu, Puan menerangkan DPR turut memberikan perhatian dan fokus pada isu ketahanan pangan yang menjadi bagian dari isu pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau. Hal ini mengingat dampak perubahan iklim sudah terasa saat ini mulai dari suhu yang terus meningkat, bencana alam, munculnya berbagai penyakit, juga gagal panen di sejumlah wilayah.

“Isu-isu itu menjadi sangat relevan dalam rangka pemulihan global pasca Pandemi Covid-19. Termasuk dalam menghadapi berbagai permasalahan aktual global yang dihadapi saat ini. Parlemen negara-negara G20 juga harus mendorong kebijakan pemerintah di negaranya masing-masing agar menerapkan pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau demi kelangsungan kehidupan manusia di bumi ini,” tutur Puan.

Sebagai tuan rumah, Puan berharap DPR RI berharap bisa menyukseskan perhelatan P20. Tentu, baginya, kesuksesan tersebut membutuhkan dukungan dan partisipasi dari rakyat Indonesia. “DPR mengharapkan dukungan dari masyarakat mengingat P20 menjadi ajang internasional bergengsi yang akan mengharumkan nama Indonesia,” pungkas cucu Proklamator RI itu.

Senada, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menuturkan bahwa P20 Friendship Ride and Fun DPR akan mengusung tema ‘Nusantara’. Nantinya, jelas Indra, garis awal dan akhir akan berada di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, menurutnya, pekan olahraga ini bisa menjadi ruang sosialisasi yang dekat dengan publik untuk mengamplifikasi isu-isu yang akan dibahas pada P20 mendatang.

“Dengan tema Nusantara, DPR berharap dapat memperkenalkan Indonesia di mata dunia internasional. Setelah lebih dari 2 tahun terjebak dalam situasi pandemi Covid-19, acara ini diharapkan bisa menjadi momen yang menyenangkan bagi para peserta dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” tandas Indra. (spn/ts/sf)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar