Perkuat Data Dukung Litmas, PK Bapas Semarang Kaukan Verifikasi ke Kediaman Penjamin

Perkuat Data Dukung Litmas, PK Bapas Semarang Kaukan Verifikasi ke Kediaman Penjamin Dok SPN

SINARPAGINEWS, SEMARANG - Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Pertama Balai Pemasyarakatan (Bapas) Semarang, Beni Puspito, melakukan kunjungan ke rumah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berinisial DFA demi pemenuhan data Penelitian Kemasyarakatan (Litmas), Jum’at (09/09/2022).

PK Pertama ini mengunjungi Ibu klien sebagai penjamin dan Ketua RT setempat di Kelurahan Mlatibaru, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang.

Layanan kunjungan rumah bertujuan agar PK dapat memperoleh data valid dalam penulisan Litmas untuk mengetahui latar belakang psikososial WBP serta penerimaan dan penilaian lingkungan terhadap WBP. Hal ini perlu dilakukan agar PK mampu menganalisis potensi masalah yang mungkin muncul dan dihadapi WBP selama di luar, bahkan ketika WBP tersebut keluar, serta langkah antisipatif yang dapat ditempuh dalam proses pengambilan keputusan untuk program Pembebasan Bersyarat (PB).

Pelaksanaan layanan kunjungan ini salah satunya juga untuk meminta kesediaan keluarga WBP sebagai penjamin untuk menandatangani surat pernyataan dan surat jaminan sebagai dasar dalam proses pengusulan PB bagi WBP DFA ke depan.

Dalam kunjungan tersebut, Ibu kandung klien yang sebagai penjamin menyampaikan terima kasih kepada Pembimbing Kemasyarakatan yang sudah membantu menyusun laporan penelitian kemasyarakatan (Litmas) sebagai salah satu syarat bagi WBP DFA untuk dapat diusulkan dalam program pembebasan bersyarat.

“Semoga anak kami bisa segera bebas dan kembali bekerja seperti sediakala agar dapat membantu perekonomian keluarga" harapnya.

Kontributor: BKD

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar