Penyusunan RKAKL 2024 Keuangan Bapas Semarang

Penyusunan RKAKL 2024 Keuangan Bapas Semarang Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG - Bertempat diruang kerjanya, Paramita Kaur Keuangan Bapas Semarang sekaligus sebagai Operator Penyusun Anggaran tampak sibuk dengan gawainya. Tumpukan RKAKL (Rencana Kinerja Anggaran Kementerian/Lembaga) 2023 dan dokumen Rincian Kertas Kerja 2022 memenuhi meja. Satu persatu rincian output dan akun disusun sehingga menjadi satu program kerja yang sesuai dengan renstra Kementerian Hukum dan HAM.
.
Meskipun Tahun Anggaran 2022 belum berakhir, namun Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah sudah bersiap menggodok RKAKL 2024. Setiap Unit Pelaksana Teknis termasuk Bapas Semarang didorong melakukan percepatan penyusunan anggaran 2024, hal ini merupakan terobosan baru yang tidak biasa dilakukan oleh Kementerian/Lembaga. Seyogyanya Penyusunan RKAKL 2024 baru akan disusun pada Tahun Anggaran 2023. Penyusunan Pagu Anggaran 2024 ini bertujuan untuk menyempurnakan proses perencanaan anggaran, sehingga dapat meminimalisir deviasi Rencana Penarikan Dana pada halaman III Dipa.
.
Paramita mengatakan perencanaan yang efektif dan efisien dapat mempercepat kinerja anggaran serta penyerapan. Lebih jauh lagi, perencanaan yang baik dapat mempercepat target capaian output. Selain itu optimalisasi anggaran pada akun-akun yang tidak sesuai dengan karakter layanan Bapas dapat digeser ke akun akun dengan kebutuhan anggaran yang besar. Hal tersebut dapat mengurangi jumlah revisi anggaran dan deviasi RPD Halaman III Dipa.
.
"Pada RKK 2022 terdapat pagu anggaran yang sulit terserap seperti penggalian data dan informasi ke korban, sehingga pada penyusunan RKAKL 2023 dan 2024 anggaran pada akun tersebut perlu digeser ke akun lain yang membutuhkan anggaran lebih besar.", kata Paramita.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar