Dekan FH UPS Jadi Narasumber, Paparkan Strategi Pengawasan Pemilu 2024 Yang Inovatif

Dekan FH UPS Jadi Narasumber, Paparkan Strategi Pengawasan Pemilu 2024 Yang Inovatif Dok

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Pancasakti (UPS) Dr. H. Achmad Irwan Hamzani menjadi Narasumber kegiatan acara yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tegal di Permata Inn Hotel Slawi, Sabtu (5/11/2022).

Dalam acara tersebut mengambil tema "Konsolidasi pengawasan tahapan pemilu tahun 2024" yang diikuti peserta diskusi dari seluruh panwaslu kecamatan dan kepala sekretariat panwaslu kecamatan Kabupaten Tegal.

Dimana dalam kesempatan itu, Dekan Dr. H. Achmad Irwan Hamzani memberi pemaparan strategi pengawasan Pemilu tahun 2024 yang inovatif.

Dekan FH UPS ini meminta Bawaslu harus bisa menciptakan terobosan dan inovasi pengawasan. Menurut dia hal tersebut dikarenakan pengawasan pesta demokrasi juga harus mengimbangi perkembangan teknologi.

" Semoga dengan adanya giat ini, sebagai bahan untuk menyusun kebijakan dan strategi pengawasan pemilu ke depan," Kata Dekan.

Dalam paparannya, Dekan menyebut Pemilu 2024: Pemilu Paralel, dimana sebuah proses pemilihan yang menggabungkan tahapan pemilu serentak model " borongan" atau lima kotak. Perlu diperhatikan bahwa tahapan yang berhimpit dapat menyebabkan beban kerja penyelenggaraan dan kelelahan prosedural. Kemudian bisa berdampak pada meningkatnya kasus kasus laporan pelanggaran serta diperlukan manajerial penyelenggaraan pemilu.

Dekan juga menyebut ada beberapa potensi pelanggaran pemilu diantaranya kode etik penyelenggara, pelanggaran administrasi, politik uang, politik identitas (ideologi vs politik uang) dan keterlibatan ASN.

Dekan juga memaparkan strategi yang bisa dilakukan dalam pengawasan pemilu yakni strategi pencegahan, penindakan dan pengawasan partisipatif. 

Diakhir pemaparannya, Dekan menyebut ada tiga jenis pelanggaran dalam pemilu, pertama pelanggaran administrasi, pelanggaran kode etik dan pelanggaran pidana. Narasumber lain, anggota Bawaslu Kab Tegal dan anggota Bawaslu prov.Jateng periode 2017-2022. Acara sebelumnya diawali sambutan oleh Ketua Bawaslu Kab Tegal Ikbal Faizal, MPd.(hid/adv).

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar