PK Bapas Kelas I Semarang Melaksanakan Litmas Pembinaan Awal Napirapidana

PK Bapas Kelas I Semarang Melaksanakan Litmas Pembinaan Awal Napirapidana

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG - Pada tanggal 15 November 2022 PK Bapas Kelas I Semarang, Sobirin melaksanakan Tugas Litmas pembinaan awal terhadap narapidana tindak pidana Narkotika/ Pasal 114 UU RI No.35 Tahun 2009 di Lapas Kelas I Semarang.

Salah satu hal yang mempengaruhi PK agar dapat dengan baik melaksanakan litmas adalah dengan memahami pengertian litmas itu sendiri. Litmas sebagai salah satu tugas dan fungsi PK yang diatur di dalam peraturan perundang-undangan, maka pengertian litmas tersebut terdapat di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan dan Permenkumham Nomor 35 Tahun 2018 Tentang Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan, disebutkan bahwa Penelitian Kemasyarakatan yang selanjutnya disebut litmas adalah kegiatan penelitian untuk mengetahui latar belakang kehidupan warga binaan pemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Bapas.

Sedangkan di dalam Permenkumham Nomor 35 Tahun 2018 Tentang Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan, disebutkan bahwa Penelitian kemasyarakatan yang selanjutnya disebut litmas adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sitematis dan objektif dalam rangka penilaian untuk kepentingan pelayanan tahanan, pembinaan narapidana dan pembimbingan klien.

Bapas Kelas I Semarang berkomitmen untuk melaksanakan Litmas pembinaan awal dengan jangka waktu penyelesaian 7 ( tujuh ) hari kerja sejak dimulai pelaksanaan Litmas.

Kontributor : Sobirin JFT A

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar