Pembahasan UU Ciptaker, Dosen FH UPS Dr. Hamidah Abdurrachman Jadi Narasumber

Pembahasan UU Ciptaker, Dosen FH UPS Dr. Hamidah Abdurrachman Jadi Narasumber Dok

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG - Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti (FH UPS) Dr. Hamidah Abdurrachman menjadi Narasumber pada sebuah acara yang membahas tentang Undang Undang Cipta kerja (Ciptaker) terkait dengan fungsi legislasi dan pengawasan DPRD Pemalang, dilaksanakan di Hotel Egde Semarang, Kamis (17/11/2022).

Dalam pemaparannya, Dr. Hamidah Abdurrachman menyampaikan, Penataan peraturan daerah (Perda) menjadi perlu dilakukan seiring semakin terungkapnya berbagai permasalahan regulasi di daerah, baik berkenaan dengan jumlah maupun materi muatan. Dalam upaya mendorong penataan regulasi di daerah, 

Tentunya penggunaan metode omnibus law dalam pembentukan perda melalui bahasan urgensi dan mekanisme diperlukan.

 Omnibus law sendiri adalah metode atau teknik dalam pembentukan peraturan perundang-undangan dengan cara membentuk satu peraturan untuk mengubah, mencabut, atau mengesahkan beberapa peraturan sekaligus. 

Metode ini layak dipertimbangkan untuk digunakan dalam penataan perda guna mengatasi jumlah perda yang banyak dan sebagian di antaranya bermasalah secara substansi. Dalam level perda, metode ini juga urgen dalam rangka merespons Undang-Undang Cipta Kerja yang telah terlebih dahulu dibentuk dengan metode omnibus law, mengingat Undang-Undang ini beserta peraturan pelaksanaannya membutuhkan pembenahan pada perda agar sinkron dan harmonis. 

Lebih lanjut dikatakan Hamidah, Mekanisme yang dapat ditempuh adalah inventarisasi dan analisis beberapa perda yang materi muatannya sejenis atau serumpun untuk kemudian dibentuk dan dihimpun dalam satu perda. Berbagai perda yang materi muatannya telah digabung harus dinyatakan dicabut dan tidak berlaku lagi, agar memudahkan penggunaannya dibandingkan sekadar melakukan perubahan atau mencabut beberapa pasal dan menyisipkan beberapa pasal baru seperti dilakukan pada Undang-Undang Cipta Kerja. Dalam giat yang diprakarsai DPRD Kab. Pemalang itu juga dipersilahkan sesi diskusi dan tanya jawab, dengan dimoderatori oleh Dr. Moh. Taufik.(hid/adv)

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar