Sekda Widodo Joko Mulyono Resmikan Aplikasi Pengembangan Kompetensi ASN

Sekda Widodo Joko Mulyono Resmikan Aplikasi Pengembangan Kompetensi ASN Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Sekretaris Daerah dr. Widodo Joko Mulyono,M.Kes. meresmikan aplikasi pengembangan kompetensi bagi ASN dengan nama Sistem Informasi Pengembangan kompetensi Terintegrasi (SIPeTis) Kabupaten Tegal bertempat di Gedung Dadali Slawi, Selasa (28/2/2023).

Dalam sambutannya Widodo Joko Mulyono mengatakan, peran ASN menjadi sangat penting dan menentukan karena keberhasilan tugas pemerintahan dan pembangunan banyak bergantung pada kapasitas dan kompetensi yang dimiliki oleh ASN. 

Dengan demikian penyelenggaraan pembangunan dan pengelolaan manajemen ASN bukanlah dua entitas yang terpisahkan, karena keduanya adalah hal yang tak bisa dipisahkan dalam penyelenggaraan administrasi publik. 

Tuntutan masyarakat akan hadirnya pelayanan publik yang berkualitas dan profesional menjadi alasan mendasar bagi Pemerintah Kabupaten Tegal untuk melakukan percepatan dalam reformasi pelayanan publik. 

Sekda mendorong seluruh ASN dilingkungan Kabupaten Tegal untuk secara bertahap mengembangkan pelayanan publik yang terintegrasi secara sistem. Pemanfaatan teknologi informasi memungkinkan berbagai pelayanan dapat diakses dengan mudah dan efisien, khususnya pelayanan - pelayanan dasar seperti pelayanan perizinan, pelayanan kependudukan dan pelayanan kesehatan. 

Konsep Pemerintah Dilan “Digital Melayani” yaitu reformasi pelayanan berbasis elektronik harus diterapkan untuk mewujudkan pelayanan yang cepat dan efisien. 

Sementara itu Kepala Badam Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mujahidin SH MH mengatakan, bahwa aplikasi pengembangan kompetensi ini merupakan hasil replika aplikasi dari Badan Penghembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah dan kolaborasi dengan Dinas Kominfo Kabupaten Tegal sehingga aplikasi ini dapat terwujud dan diaplikasikan pada Tahun 2023. 

Mujahidin berharap, seluruh pelayanan pengembangan kompetensi melalui jalur Pendidikan secara online dan jalur pelatihan menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan pelatihan. 

Adapun link aplikasi SIPeTis adalah http://sipetis.tegalkab.go.id/sipetis dengan menu antara lain : menu Pembelajaran Pelatihan (LMS), Sijari On AKPK, Lapor Pelatihan, Konsultasi Pendidikan, Tugas Belajar, Penggunaan Gelar/Peningkatan Pendidikan dan fitur SIMPEG Kabupaten Tegal.  

Kegiatan peresmian ini juga berkolaborasi antara lain BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, BKPSDM Kabupaten Tegal, Dinas Kominfo Kabupaten Tegal, Universitas Panca Sakti Tegal dan Universitas Peradaban Bumiayu. “Hal ini merupakan perwujudan dari Corporate University (CorpU) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal”, pungkasnya.(Hid/Kus)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar